Apa Saja Penyebab Pigmentasi pada Kulit?

Menyadari kemunculan bintik dan flek hitam pada wajah? Hal ini bisa disebabkan oleh pigmentasi pada kulit atau yang biasa dikenal dengan sebutan melasma. Apa Saja Penyebab Pigmentasi pada Kulit?

Salah satu penyebab utama terjadinya pigmentasi pada kulit adalah sinar UV. Namun, ternyata masih banyak lho faktor lainnya yang dapat menjadi penyebab pigmentasi.

1. Pengaruh Kandungan Kosmetik

Penggunaan kosmetik dapat menjadi salah satu penyebab pigmentasi pada kulit wajah. Hal ini disebabkan oleh bahan kimia tertentu yang dapat memicu melanocyte memproduksi zat melanin. Nah, salah satu kandungan kosmetik yang dapat menyebabkan kondisi ini adalah parfum sintetis. Selain itu, kandungan kosmetik yang mudah teroksidasi, seperti vitamin C, juga dapat menjadi penyebab terjadinya pigmentasi pada kulit.

2. Genetik

Dalam beberapa kasus, masalah pigmentasi disebabkan oleh faktor DNA. kamu akan berisiko mengalami masalah pigmentasi pada kulit bila seseorang di keluarga, baik itu orang tua, kakek nenek, atau buyut kamu juga mengalaminya. Dengan adanya faktor genetik ini, seseorang akan lebih mudah mengalami melasma akibat alergi ringan, paparan sinar matahari, atau perubahan hormon.

3. Perawatan Menggunakan Laser

Salah satu konsekuensi dari perawatan kecantikan menggunakan laser adalah produksi pigmen berlebih pada kulit. Kondisi ini, yang dikenal sebagai post-laser hyperpigmentation atau post-inflammatory pigmentation, bisa berlangsung selama bertahun-tahun atau menjadi permanen jika tidak ditangani dengan benar. Beberapa perawatan laser yang menjadi penyebab pigmentasi antara lain seperti Fraxel, IPL, dan laser hair removal. Segera konsultasikan dengan dokter jika muncul pigmentasi pada kulit yang sulit hilang setelah melakukan treatment.

Sumber: