Apa saja penyebab orang menderita retardasi mental ?

kejiwaan

(Silfiaa) #1

Retardasi mental

Retardasi mental (RM) atau disabilitas intelektual (DI) adalah keadaan dengan tingkat kecerdasan yang di bawah rata-rata atau kurangnya kemampuan mental dan keterampilan yang diperlukan dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari.

Apa saja penyebab orang menderita retardasi mental ?


(Aaliesha Nazaha Shakeera) #2

Para psikolog merilis bahwa 25% dari anak-anak yang menyandang retardasi mental bersumber pada:

1. Kelainan Genetik

Adanya keluarga atau kerabat yang mengalami retardarsi mental dapat memengaruhi garis keturunan untuk mengalami hal yang sama. Hal ini dikarenakan adanya kelainan gen yang dapat dibawa oleh sesama anggota keluarga.

2. Gizi Buruk

Salah satu alasan mengapa gizi sangat wajib diperhatikan dan dipenuhi oleh setiap ibu hamil adalah demi kecerdasan si jabang bayi. Sebab dengan gizi buruk yang diderita oleh si ibu akan memengaruhi tumbuh kembang bayi di dalam kandungan. Tumbuh kembang yang kurang baik dapat berakibat pada kelahiran yang buruk seperti disabilitas intelektual.

3. Proses Melahirkan yang Tidak Lancar

Adanya trauma saat proses melahirkan dapat berdampak pada kelahiran si bayi. Trauma bisa disebabkan oleh ketidaksiapan ibu saat melahirkan, serta kurangnya bimbingan dari dokter kandungan.

Selain trauma, kurangnya oksigen saat proses melahirkan juga memengaruhi kecerdasan bayi. Sebab oksigen sangat dibutuhkan untuk pengoptimalan fungsi otak. Kurangnya suplai oksigen ke otak selama 5 menit dapat mengakibatkan tingginya potensi disabilitas intelektual dan gangguan motorik pada calon bayi.