Apa saja penyebab nyilet (kurus) pada burung lovebird?

image

Lovebird yang mengalami gangguan nyilet atau lovebird kurus termasuk salah satu penyakit pada lovebird. Jika permasalahan pada lovebird ini tidak segera ditangani, maka lovebird kesayangan anda bisa mati.

Apa saja penyebab nyilet pada burung lovebird?

Nyilet merupakan istilah yang biasa digunakan oleh penggemar burung ketika burung yang dipelaiharanya mempunyai bentuk badan yang kurus. Beberapa penyebab burung lovebird menjadi kurus sekali antara lain :

1. Kurang Pakan

Kurang Pakan menjadi masalah utama jika burung terlihat kurus yakni kurangnya asupan makanan dalam perutnya. Tidak hanya semata-mata membuat burung menjadi kenyang dengan kandungan karbohidrat tinggi, tapi Anda harus tetap menjaga asupan nutrisi lainnya seperti vitamin, proitein, mineral, dan lainnya. Gizi yang cukup akan membuat burung menjadi terisi dan sehat.

2. Kurang Perawatan

Pemberian makanan menjadi salah satunya, namun perawatan di sini lebih ditekankan tentang bagaimana Anda dalam memandikannya, menjemurnya, pemasteran, dan lainnya. Semuanya bisa saja menjadi penyebab nyilet seperti misalnya mandi dan penjemuran yang sangat jarang atau bahkan tidak pernah sama sekali yang bisa mengakibatkan virus atau kutu-kutu yang menggrogoti dari luar.

3. Gondok

Jenis penyakit ini tidak hanya menghampiri manusia namun juga menjadi jenis penyakit yang cukup berbahaya untuk si burung khususnya lovebird. Penyakit ini jika tak dirawat dan melakukan pertolongan pertama dengan capat bisa berujung kematian dan hal itu mutlak. Maka dari itu, jika Anda mendapati burung Anda mengidap penyakit ini jangan hanya tinggal di tempat. Sama seperti ciri pada umumnya, gondok bisa terlihat pada bagian leher burung.

4. Cacingan

Penyakit ini juga bisa membuat manusia menjadi kurus, rasanya juga wajar jika juga terjadi pada mahluk lain seperti burung lovebird. Ciri burung cacingan adalah kurus dan kurang nafsu makan. Sebaiknya sebelum diberi makan Anda perhatikan terlebih dahulu kebersihkan makanan tersebut.

5. Keracunan Logam Sangkar

Sangkar yang terbuat dengan logam berat cenderung bisa mengakibatkan burung menjadi sakit dan akhirnya menjadi nyilet. Meski semua burung berbeda-beda pertahanan tubuhnya, namun keracunan seperti ini bisa terjadi pada burung yang lemah.

6. Kutu dan Tungau

Kutu bahkan tungau bisa mengakibatkan burung menjadi malas berkicau, makan dan minum karena selalu terganggu akibat gatal yang diakibatkan oleh kutu. Selain itu, kutu juga bisa menghisap darah pada burung yang bisa membuat burung menjadi nyilet.

7. Gangguan Pada Paruh

Kesehatan paruh yang buruk bisa berdampak pada burung seperti menjadi malas makan minum atau bahkan sampai tak mau berkicau. Karena itulah perhatikan kesehatan paruh burung Anda. Tidak hanya paruh, semua yang ada di tubuh lovebird Anda sangat wajib untuk Anda tinjau terus.

Sumber : https://www.kicauburung.id/lovebird/lovebird-nyilet.html