Apa saja penyebab Murai malas bunyi ?

murai batu jantan

Apa saja penyebab Murai malas bunyi ?

Beberapa penyebab murai malas berbunyi adalah sebagai berikut :

  1. Kebersihan yang buruk
    Entah itu kebersihan kandang maupun kebersihan badan, yang jelas saat keduannya tidak memiliki kebersihan yang baik, maka Murai Batu akan malas untuk berbunyi. Selain itu, jika kondisi tubuh Murai kotor, maka sangat besar kemungkinan Ia akan terserang kutu. Jika sudah terserang kutu, maka Ia pun akan malas untuk berbunyi, dan cenderung menggaruk dan mencabutin bulu-bulunya.

  2. Kondisi yang buruk
    Penyebab utama Murai Batu menjadi malas bunyi selanjutnya adalah kondisi lingkungan. Kondisi lingkungan yang kurang baik juga akan membuat Murai malas untuk bunyi.

  3. Mental yang rendah
    Umumnya saat Murai bermental baik mendapatkan lawan yang gacor, maka Ia akan melawan Murai saingannya tersebut dengan balasan yang seimbang. Akan tetapi jika Murai yang Anda miliki bermental buruk dan mendapatkan lawan yang bemental baik, maka sangat besar kemungkinan burung yang Anda miliki mental yang drop dan jatuh.

  4. Kegemukan
    Murai yang memiliki berat badan berlebih akan menjadi burung yang malas, dengan kata lain Ia juga akan malas untuk berbunyi. Sedangkan untuk mengatasinya adalah dengan menurunkan porsi makan Murai tersebut, baik porsi pakan utama maupun porsi pakan tambahannya.