Apa saja penyebab lovebird mencabuti bulunya sendiri?

image

Aktifitas lovebird mencabuti bulunya sendiri secara sering, dapat mengakibatkan dampak buruk. Seperti, mengalami kebotakan hingga tidak lagi terlihat menarik.

Apa saja penyebab lovebird mencabuti bulunya sendiri?

Penyebab lovebirs mencabuti bulunya, yaitu :

  1. Iritasi
    Iritasi pada kulit burung dapat menyebabkan rasa gatal berlebihan di sekitar bulu. Kondisi tersebut akan membuat lovebird melakukan apa saja yang bisa membuatnya lebih nyaman, mulai dari menggigit, menarik, hingga mencabuti bulu-bulunya sendiri.

  2. Alergi
    Lovebird rentan mengalami alergi, terutama jika sangkarnya terlalu lembab atau selalu digantung pada tempat yang lembab. Pada kondisi lembab, jamur akan muncul pada pakan hariannya seperti bijian dan sayuran. Akibatnya, jika pakan dikonsumsi burung, akan muncul reaksi alergi yang ditandai dengan ketidaknyamanan dan rasa gatal di kulit maupun bulunya.

  3. Keracunan logam
    Keracunan logam yang dialami lovebird sering dikaitkan dengan perilaku menggigiti jeruji sangkar yang terbuat dari besi. Kebiasaan lovebird mengunyah benda / aksesoris sangkar yang terbuat dari logam, seng, tembaga, dan timbal juga bisa menyebabkan burung sering mencabuti bulu.

  4. Masalah hormonal
    Masalah hormonal seperti hipertiroid (meningkatkan kelenjar tiroid) serta penyakit addison juga bisa menyebabkan iritasi dan rasa gatal pada kulit, kemudian memunculkan perilaku cabut bulu pada lovebird.

  5. Kebosanan
    Lovebird yang hidup sendiri kerap didera kebosanan. Hal ini bisa memicu perilaku menyakiti diri sendiri, seperti mencabut bulu.

  6. Kandang sesak dan berisik
    Meski lovebird termasuk burung sosial dan hidup secara berkoloni, kandang yang terlalu sesak dapat memunculkan perilaku buruk tersebut. Selain itu, kondisi lingkungan sekitar yang terlalu ramai / berisik juga dapat menimbulkan kecemasan dan kegelisahan pada lovebird. Akibatnya, burung akan menyakiti diri sendiri dengan cara mencabuti bulu-bulunya.

  7. Menjelang bertelur
    Lovebird (terutama betina) juga kerap mencabuti bulu-bulunya menjelang bertelur. Hal ini bisa disebabkan ketiadaan atau minimnya bahan penyusun sarang, atau bisa juga karena induk kekurangan mineral kalsium (Ca) dan fosfor ยง.