Apa saja penyebab lidah menghitam?

Ini-Penyebabnya-Lidah-Menghitam-300x300

Kita bisa merasakan berbagai jenis rasa karena adanya lidah. Selain itu lidah juga berfungsi untuk membantu kita dalam mengolah dan menelan makanan serta juga membantu kita melafalkan huruf dan kata. Dengan banyaknya manfaat pada bagian tubuh ini maka sangat wajar bila kemudian lidah perlu mendapatkan perawatan dan pemelirahaan. Sayangnya tidak banyak orang yang memperhatikan masalah kesehatan lidah ini. Ketidakpedualian ini sendiri terjadi karena mereka tidak mengerti arti kesehatan lidah itu sendiri. Padahal dengan melihat warna yang muncul pada lidah kita, maka sebuah kondisi kesehatan lidah bisa diketahui. Dan salah satu warna yang mengindikasikan kesehatan lidah yang kurang sehat yaitu hitam. lalu apa saja penyebab lidah menghitam?

Inilah beberapa penyebab lidah menjadi berwarna hitam.

  1. Munculnya Bakteri Berlebih
    Penyebab pertama lidah berwarna hitam adalah karena munculnya bakteri dan jamur berlebih pada mulut yang menempel di papila lidah. Tentu saja dengan adanya banyak bakteri ini mencerminkan kondisi kesehatan mulut dan lidah yang sedang memburuk. Maka dari itu saat mendapati warna lidah yang menghitam maka Anda harus segera bergegas membersihkan mulut Anda agar bakteri yang ada hilang.

  2. Akibat Konsumsi Alkohol dan Kebiasaan Merokok
    Alkohol memang minuman yang sangat tidak baik untuk kesehatan. Begitu juga rokok adalah hal yang lebih banyak membuat kerugian untuk kesehatan. Berkaitan dengan kesehatan lidah, alkohol dan rokok juga bisa membuatnya buruk. Pasalnya, saat seseorang sering minum minuman berlakohol dan merokok akan menjadikan lidah menjadi terasa asam dan pahit serta kemudian berwarna hitam. Nah, tanda hitam pada lidah akibat alkohol dan rokok ini merupakan pertanda buruk menurunnya kesehatan mulut. Bahkan ada yang menyebut hal ini juga jadi gejala awal penyakit kanker lidah. Jadi waspadalah dan jangan dianggap remeh.

  3. Seringnya Minum Kopi
    Anda yang suka dan hobi minum kopi maka berhati-hatilah juga karena hal ini bisa membuat lidah berwarna hitam. Hal ini dikarenakan minum kopi secara berlebihan bisa membuat munculnya bintik-bintik hitam pada lidah. Jika hal ini dibiarkan terus menerus maka hal ini bisa membuat kesehatan lidah dan mulut Anda mengalami penurunan. Jadi bersikaplah yang wajar saja dalam mengkonsumsi kopi ini.

  4. Kekurangan Gizi
    Bagi Anda yang tidak terlalu memperdulikan gizi dan nutrisi untuk asupan sehari-hari, maka mulai sekarang Anda harus berhati-hati. Hal ini dikarenakan kekurangan gizi dan nutrisi terutama vitamin B akan membuat lidah Anda jadi menghitam. Tentu jika hal ini dibiarkan terus-menerus akan membuat kesehatan tubuh jadi menurun.