Apa saja penyebab gusi berwarna gelap?

Gusi gelap

Gusi yang berwarna gelap dan kehitaman akan membuat senyum kita menjadi kurang menarik dan tidak percaya diri. Selain paparan sinar matahari, apa saja yang bisa menyebabkan gusi berwarna gelap?

Merokok
Penyebab pertama gusi berwarna gelap adalah kebiasaan merokok. Dalam rokok memang ada beberapa zat kimia yang bisa membuat gusi berwarna kehitaman (gelap). Jadi semakin lama frekuensi seseorang merokok maka akan semakin besar kemungkinan gusinya berwarna gelap. Maka bila Moms tak ingin gusi berwarna gelap, mau tak mau Moms harus segera berhenti merokok.

Bahan Metal pada Tambalan Gigi
Selanjutnya, hal yang bisa membuat gusi berwarna gelap adalah adanya pengaruh dari bahan metal yang digunakan untuk menambal gigi. Bahkan tak jarang pengaruh dari bahan metal untuk menambal gigi ini juga merubah jaringan lunak di sekeliling gusi. Beberapa bahan metal untuk menambal gigi yang bisa membuat warna gusi menjadi gelap adalah arsen, merkuri, silver serta bismuth. Maka dari itu untuk menghindari hal ini Moms bisa berkonsultasi dan memeriksaan gusi terlebih dahulu ke dokter gigi guna memperoleh penanganan yang tepat.

Faktor Sistemik
Berikutnya, penyebab warna gusi jadi gelap adalah adanya faktor penyakit sistemik yang membuat terjadinya pigmentasi melanin. Beberapa penyakit yang bisa menaikkan risiko pigmentasi melanin yaitu penyakit neurofibromatosis (von Recklinghausen), sindrom Peutz-Jeghers dan penyakit Addison.

Peradangan pada Mulut
Selain memunculkan bau, peradangan pada mulut juga bisa membuat warna gusi menjadi lebih gelap. Maka dari itu, kalau Moms mengalami peradangan maka sebisa mungkin segera pergi ke dokter gigi untuk mengatasi terjadinya gusi berwarna gelap.