© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa saja penyebab gusi bernanah?

Gusi dapat saja mengeluarkan nanah yang kita tidak tau mengapa hal itu terjadi. Apa saja penyebab gusi bernanah?

Gusi bernanah disebabkan adanya bakteri yang berkumpul di dalam mulut. Ada beberapa kondisi yang membuat bakteri masuk ke dalam mulut dan menjadi faktor pemicu dari gusi bernanah dan bengkak, antara lain:

  1. Penyakit gusi
    Penyakit gusi disebabkan oleh penumpukan plak gigi di sekitar gusi. Peradangan yang disebabkan bakteri dalam plak bisa terasa menyakitkan dan mengakibatkan gusi membengkak, merah, dan berdarah. Ini juga dapat menyebabkan pembusukan gigi dan gusi menjadi lebih sensitif. Kondisi ini disebut dengan gingivitis.

    Jika gingivitis tidak diobati, penyakit gusi yang lebih serius bisa menyebabkan gusi bernanah atau abses gusi. Ini akan menimbulkan rasa sakit atau nyeri gigi dan membuat bau mulut kronis.

  2. Karies gigi

    Karies gigi atau gigi busuk merupakan kondisi sebelum terbentuknya gigi berlubang. Rongga kecil pada lapisan terluar gigi (enamel) biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, tapi begitu pembusukan menembus melalui email gigi dan memengaruhi lapisan bagian dalam gigi, gigi akan menjadi sangat sensitif.

    Jika karies gigi semakin parah, pembusukan terjadi lebih dalam lagi hingga ke pulpa. Hal ini mengakibatkan rasa sakit intens yang tajam. Infeksi dari pembusukan gigi ini dapat menyebabkan gusi bernanah atau abses di bawah akar gigi dan kematian gigi.

  3. Oral fistula
    Oral fistula adalah adanya rongga atau saluran abnormal di sekitar gigi hingga ke dalam gigi yang diakibatkan gigi berlubang atau peradangan gigi.

    Dalam kasus gigi berlubang, infeksi bakteri dan sisa makanan yang masuk ke dalam gigi berlubang dapat memicu terjadinya peradangan di sekitar akar gigi dan gusi, sehingga menyebabkan fistula. Gigi berlubang yang mengandung bakteri akan menyebabkan gusi bernanah atau penumpukan nanah di bagian mulut.