Apa saja Penyebab Gusi Berdarah saat Sikat Gigi?

Kebanyakan orang seringnya menganggap sepele ketika gusi mereka berdarah saat menyikat gigi. Mungkin hanya akibat menggosoknya terlalu keras. Meski begitu, gusi berdarah saat sikat gigi bisa menjadi pertanda ada yang tidak normal di dalam mulut. Apa saja Penyebab Gusi Berdarah saat Sikat Gigi?

1. Sikat Gigi Tidak Bersih
"Hanya perlu waktu 24 jam bagi bakteri untuk menyebabkan peradangan pada gusi, jadi kalau Anda tidak menyikat dan flossing gigi secara maksimal, maka akan keluar sedikit darah," kata Sally.

Sikatlah gigi secara perlahan dengan gerakan memutar pada masing-masing gigi. Sebelumnya, bersihkan sela-sela gigi menggunakan dental floss. Jika perdarahan masih saja terjadi, ada baiknya memeriksakan gigi ke dokter spesialis.

2. Hormon Tidak Seimbang
Remaja yang mengalami masa pubertas, wanita hamil, menstruasi atau yang sudah masuk masa menopause umumnya mengalami hormon yang turun-naik. Hal itu membuat gigi dan gusi lebih sensitif terhadap plak sehingga gusi menjadi berdarah. Di saat-saat seperti ini, tingkatkan kebersihan mulut dan gusi dengan menyikat dan flossing lebih seksama. Bisa juga menggunakan mouthwash tanpa alkohol.

3. Stres dan Kurang Tidur
Sebagai seorang dokter spesialis gigi dan mulut, Sally menemukan kasus gusi berdarah lebih banyak terjadi pada mahasiswa. Hal itu karena umumnya mahasiswa diet tidak sehat, stres dengan tugas kuliah dan kerap kali begadang. Ini juga bisa terjadi pada karyawan yang sering lembur dan dikejar target.

“Semua itu memengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan peradangan yang disebabkan bakteri di mulut,” terangnya.

Biasakan mengonsumsi makanan bernutrisi lengkap untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk gigi dan gusi. Konsumsilah cukup protein, sayuran dan makanan tinggi vitamin C serta D. Dua vitamin ini merupakan nutrisi penting untuk kesehatan tulang dan gigi.