Apa saja penyebab gigi goyang?

06-BERBAGI 10

Kenyataannya gigi dewasa yang goyang tidak lagi berganti, maka sangat jelas jika saat mengalami gigi goyang pada masa dewasa ini menjadi berbahaya. Gigi yang goyang bisa membahayakan tulang penompang pada gigi, jadi sangat tidak mungkin kalau gigi goyang karena proses alami. Lalu apa saja penyebab gigi goyang?

Trauma Gigi
Terkena benturan atau trauma yang keras pada gigi dan daerah rahang dapat menyebabkan gigi menjadi goyang dan tanggal atau copot. Biasanya trauma seperti ini termasuk juga trauma oklusal, yaitu trauma yang disebabkan karena gesekan antara gigi atas dan gigi bawah. Misalnya, pada orang yang giginya sering beradu pada saat tidur atau orang yang susunan giginya tidak rata, sehingga gigi mudah goyang.

Karang Gigi Yang Tebal
Kelainan atau penyakit pada jaringan pendukung gigi misal adanya kalkulus (karang gigi) yang terlalu tebal dan lama dibiarkan. Karang gigi yang disebabkan oleh penumpukan sisa-sisa makanan pada gigi yang jarang dibersihkan membuat gigi pun tidak mendapatkan kandungan yang diperlukan gigi agar lebih kuat, maka dari itu memilih pasta gigi untuk mencegah penumpukan plak gigi bisa dengan mengandalkan pasta gigi Ciptadent Maxi 12 karena pasta gigi ini mengandung Micro Active Foam di mana busa-busa micro halusnya mengandung kalsium yang secara aktif akan membersihkan sekaligus merawat kekuatan gigi dan gusi sampai ke sela-sela sulit. Variannya pun ada dua, Ciptadent Maxi Plus Fresh Mint dan Cool Mint untuk menyegarkan mulut dan menguatkan gigi Anda.

Jaringan di Sekitar Gigi
Efek karang yang tebal ternyata memicu terjadinya gangguan di jaringan sekitar gigi (periodontal). Akibat fatalnya, gigi serta jaringan dan tulang rahang di sekitar gigi mengalami peradangan. Jaringan gusi dan tulang pun menjadi rusak sehingga gigi menjadi goyah dan hilang pegangan. Kalau sudah begini, bukan hanya satu gigi yang dapat tanggal. Gigi-gigi di sekitarnya juga dapat ikut goyah secara bersamaan.

Jika gigi Anda mulai goyang sebaiknya jangan biarkan gigi tanggal atau copot sendiri, melainkan periksa ke dokter dan biarkan dokter membersihkan gusi, memberikan obat dan melakukan perawatan ortodontik atau pilihan lain sesuai dengan penyebabnya.