Apa saja penyebab dari bibir hitam ?

Bibir hitam seringkali membuat kita tidak merasa percaya diri dan seringkali kita menutupinnya dengan menggunakan lipstick, sebenarnya apasih penyebab dari bibir hitam pada diri kita ?

  1. Panasnya terik matahari
    Alasan pertama mengapa bibir anda hitam adalah akibat terlalu seringnya mendapat pancaran panas terik matahari. Untuk itu sangat disarankan selalu menggunakan lip balm sebagai protect bibir anda. Jangan lupa untuk melihat ingredients, apakah sudah mengandung SPF tinggi atau belum. Sebab yang paling berperan dalam melindungi dari terik matahari adalah kandungan SPF tersebut.

  2. Seringnya pakai lipstik
    Bahaya lipstik adalah memberikan efek jangka panjang seperti bibir hitam. Beberapa wanita memang menyukai penampilan sempurna dengan bibir merah merekah. Ternyata hal ini adalah salah satu penyebab bibirnya menghitam. Bukan berarti anda dilarang memakai lipstick. Hanya saja, kandungan paraffin dan logam pada lipstick yang mampu berpotensi menjadikan bibir anda tidak sehat. Jika anda terlalu lama menggunakan, apalagi sampai lupa dibersihkan sebelum tidur. Keadaan ini mampu menjadikan penumpukan zat-zat tadi yang menyebabkan bibir anda hitam.

  3. Kebiasaan merokok
    Salah satu tanda pecandu rokok adalah memiliki bibir menghitam, tidak hanya bibir hitam, bahaya merokok juga dapat merusak seluruh organ dan menjadi penyebab penyakit paling mematikan di dunia. Dalam kandungan rokok terdapat nikotin yang tinggi. Hal ini menjadikan pigmen bibir anda menebal. Sehingga mampu menjadikan bibir anda tidak sehat. Misalnya bibir menjadi pecah-pecah, menghitam, dan kering.

  4. Mengeringnya bibir
    Bukan hanya kelembaban kulit yang seharusnya anda perhatikan. Kelembaban bibir juga sangat penting. Sebab bibir yang tidak lembab menjadi rusak, seperti pecah-pecah dan menghitam.

  5. Kebiasaan Menggigit bibir
    Hal yang secara reflek terjadi pada anda adalah kebiasaan menggigit bibir. Biasanya terjadi saat anda merasa cemas, khawatir, gerogi dan takut. Untuk itu atasilah rasa takutmu, dan hentikan kebiasaan menggigit bibir. Bukan hanya menjadikan bibir hitam, juga mampu mengalami pendarahan.

  6. Konsumsi teh dan kopi
    Kebiasaan meminum teh dan kopi memang kurang baik untuk anda. Salah satunya mampu menjadikan bibir anda hitam. Sebab kandunganya terdapat kafein tinggi. Solusinya adalah dengan mengurangi konsumsi teh dan kopi anda (bahaya kopi dan bahaya minum teh).

  7. Kurang buah
    Kebiasaan buruk, seperti tidak sukanya mengonsumsi buah mampu menjadikan bibir ada hitam. Sebab kandungan vitamin C dalam buah mampu menjaga bibir anda. Akibat jika anda kekurangn vitamin C adalah bibir menjadi tidak sehat dan menghitam. Karena pigmentasi kulit bibir lebih cepat terjadi.

  8. Alergi
    Beberapa orang mengaku alergi kosmetik, sehingga membuat bibirnya tampak menghitam. Keadaan bibir tidak sehat ini terjadi karena ia sembarangan memilih dan menggunakan kosmetik. Beberapa kandungan yang mampu membuat bibir anda menjadi hitam adalah kadar timbale, mercury, dan wax yang cukup tinggi membuat bibir anda menghitam. Solusinya dengan selalu membaca ingrediens lipstick dan disesuaikan dengan kondisi bibir anda.

  9. Kurang nutrisi
    Kejadian kurang nutrisi biasanya terjadi pada orang-orang yang sedang menjalani program diet. Sebab asupan nutrisi yang seharusnya ia peroleh dari makanan yang biasa diperoleh sehari-hari harus dikurangi. Sehingga vitamin yang mampu menjadikan bibir anda cerah tidak bisa dikonsumsi. Akibatnya bibir anda malah menghitam dan tampak tidak menyegarkan.

  10. Keadaan tubuh menua
    Pengaruh merahnya bibir anda juga diperngaruhi oleh kerja dan aktivitas hormone. Salah satu yang paling berperan dalam hormone wanita adalah esterogen. Bukan hanya bekerja untuk reproduksi, esterogen berperan penting dalam proses regenerasi kulit, termasuk kulit bibir. Usia anda yang semakin menua membuat kadar esterogen menurun. Sehingga kulit tak mampu regenerasi lagi. Hal ini menjadikan bibir anda menghitam. Bahkan untuk menjaga kelembaban dan melindungi kulit, hormone ini juga sudah tak mampu.

Referensi