Apa saja penyebab dan bagaimana cara merawat gusi berdarah?

Gusi berdarah seringkali merupakan tanda-tanda penyakit gusi. Banyak penyebab dari gusi berdarah ini, apa saja itu lalu bagaimana cara merawat gusi berdarah?

Jika gusi berdarah saat menyikat gigi atau memakai floss, Anda harus bertindak. Gusi berdarah sepertinya tidak serius, apalagi jika tidak terasa sakit. Tapi itu adalah tanda-tanda nyata terjadinya penyakit gusi . Jika dibiarkan, penyakit gusi ini akan menjadi masalah serius. Namun jangan kuatir, merawatnya akan lebih mudah jika Anda menanganinya sejak awal. Pastikan saja Anda memperhatikan gejala-gejalanya dan melakukan beberapa langkah mudah dalam rutinitas kesehatan mulut sehari-hari.

Apakah tanda-tanda dan gejala penyakit gusi?

  1. Gusi bengkak
  2. Gusi berdarah
  3. Gusi menyusut
  4. Nafas tak sedap
  5. Gigi tanggal

Jika Anda mengalami salah satu dari gejala-gejala ini, Anda harus membuat perjanjian dengan dokter gigi Anda. Sementara itu, banyak hal yang dapat Anda lakukan sendiri untuk menjaga gusi yang teriritasi.

Tingkatkan rutinitas kesehatan mulut Anda
Penyakit gusi kebanyakan disebabkan oleh kurang sempurnanya cara menggosok gigi dan memakai floss. Jadi jika rutinitas Anda membersihkan gigi agak terburu-buru belakangan ini, saatnya membuat perubahan. Gosoklah gigi Anda setidaknya dua kali sehari memakai sikat gigi berbulu halus atau sikat gigi yang direkomendasikan oleh dokter gigi, setelah sarapan pagi dan sesudah makan malam atau sebelum tidur. Makanan dapat sering tersangkut di antara gigi, karenanya penting untuk memakai floss setiap hari. Pastikan Anda menggunakan floss tepat di antara gusi dan gigi serta tidak menekan/menggosok tepi gusi sehingga luka.

Nikmati pola makan yang ramah pada gusi
Pola makan Anda memiliki pengaruh pada gusi lebih banyak dari yang Anda pikirkan. Bukan hanya makanan bergula yang harus Anda waspadai, makanan yang kurang nutrisi seperti roti tawar yang sudah dihaluskan juga buruk untuk gusi Anda. Sementara itu, makanan kaya nutrisi seperti sayuran dan makanan olahan akan menutrisi gusi, membantunya tetap kuat dan sehat. Zinc yang juga bahan aktif di pasta gigi kami, penting untuk pembentukan tulang dan jaringan. Jadi cobalah memasukkan makanan-makanan kaya akan zinc seperti bayam, kacang merah dan kacang panjang ke dalam pola makan Anda.

Berhenti merokok
Anda sudah tahu kalau merokok itu buruk bagi paru-paru Anda. Tapi sudah tahukah Anda kalau merokok juga buruk untuk gusi? Para ilmuwan setuju kalau merokok mencegah gusi Anda mendapat nutrisi-nutrisi penting, menjadikannya lebih rentan akan peradangan yang menyebabkan penyakit gusi.

Jika Anda menemukan darah, perbaiki rutinitas perawatan mulut Anda, dan sikat gigi Anda, pakai floss, berkumur lalu ulangi lagi untuk senyum lebih sehat dan lebih percaya diri.

https://www.tanyapepsodent.com/gusi-lidah/cara-merawat-gusi-berdarah.html