Apa saja penyebab burung Lovebird menyembunyikan telur-telurnya ?

image

Apa saja penyebab burung Lovebird menyembunyikan telur-telurnya ?

Umumnya, telur yang tersembunyi pada bahan sarang itu bisa disebabkan dua hal:

  • Telur tidak sengaja tergeser oleh tubuh induk, sampai akhirnya tertimbun oleh bahan sarang yang tebal.
  • Telur memang sengaja disembunyikan induk karena beberapa alasan.

Untuk kasus pertama, hal itu biasanya terjadi akibat kotak sarang yang terlalu sempit, atau bahan sarang yang terlalu tebal di dalamnya.

Adapun induk lovebird sengaja menyembunyikan telurnya jika dipicu beberapa faktor berikut ini:

  • Induk merasa terganggu saat mengerami telur-telurnya. Hal ini biasanya terjadi ketika ia sering melihat dan / atau mendengar suara-suara berisik di sekitar kotak sarangnya, misalnya suara binatang seperti tikus, kucing. Merasa tak aman dan tak nyaman, induk akan mengamankan telur dengan cara menyembunyikannya.
  • Induk merasa tidak nyaman karena pemilik / perawat sering memeriksa dan membuka kotak sarang pada saat induk sedang mengambil pakan. Induk akan berusaha menyembunyikan telur-telurnya agar tidak diambil penangkar.
  • Induk merasa suasana di dalam kotak sarang terlalu lembab dan kurang hangat. Ketika induk meninggalkan sarang untuk mengambil pakan, dia untuk sementara menyembunyikan telurnya di balik bahan sarang agar tetap mendapat kehangatan.
  • Induk merasa ada telur yang kosong (infertil), ketika telur-telur lain yang muncul embryo. Ia lalu mengubur telur itu di balik bahan sarang. Biasanya, burung akan memakan telur dan sisanya akan disembunyikan di balik bahan sarang.