Apa saja penyakit yang terjadi ketika kelebihan fosfor?

mulut

Fosfor dianggap penting untuk mendukung kinerja organ tubuh dan menjaga kesehatan tubuh, namun ketika asupan yang didapat terlalu banyak, hal ini pun tidak akan baik. Apa saja penyakit yang terjadi ketika kelebihan fosfor?

Sejumlah penyakit atau gangguan kesehatan dapat terjadi ketika kelebihan fosfor walau kasus seperti ini memang jarang terjadi.

  1. Penyakit Tulang
    Mengonsumsi fosfor dalam kadar yang tinggi bisa membahayakan tubuh, termasuk memicu menurunnya jumlah kalsium di dalam tubuh sehingga kesehatan tulang pun terganggu. Khususnya untuk para remaja yang masih dalam proses pertumbuhan, kelebihan fosfor dapat berakibat cukup fatal karena ketika gangguan terjadi pada fisiknya, maka pertumbuhan bagian tubuh lainnya juga akan ikut terpengaruh. Itulah mengapa anak-anak remaja perlu mengurangi konsumsi minuman serta jenis makanan dengan kandungan fosfor tinggi, termasuk minuman bersoda agar pertumbuhannya sempurna. Baca juga Dampak Bahaya Minuman Bersoda Bagi Kesehatan Tubuh dan Ibu Hamil

  2. Gangguan pada Ginjal
    Pada daging, susu dan soda terdapat kandungan fosfor yang tinggi. Bila terus-terusan mengonsumsi makanan dan minuman tersebut tanpa menyeimbangkan dengan konsumsi makanan lainnya, gangguan pada ginjal akan timbul. Kelebihan fosfor di dalam tubuh berisiko menderita sakit ginjal karena fosfor akan mengendap di bagian ginjal sehingga tidak akan sempat dibuang dan memicu penyakit.

  3. Kejang
    Kondisi kejang dapat terjadi bagi para pengonsumsi fosfor berlebih. Hal ini dikarenakan kalsium yang terikat oleh ion fosfat ketika kadar fosfor di dalam darah terlalu tinggi.

Sumber: https://halosehat.com/gizi-nutrisi/panduan-gizi/akibat-kelebihan-dan-kekurangan-fosfor