Apa saja penyakit yang biasa terjadi pada Ular Phyton?

Ular Phyton menjadi pilihan banyak pencinta hewan melata ini. Warnanya yang menarik dan pemeliharaan yang relatif mudah menjadi pertimbangan utama.

image

Vomiting / Muntah
Muntah sering dialami Phyton. Jangan pegang atau memindahkan phytonmu pada saat baru saja selesai makan karena ini bisa menyebabkan dia muntah. Muntah juga bisa terjadi saat si Ular stress karena merasa kurang aman atau karena terinfeksi oleh parasit yang berasal dari dalam maupun luar tubuhnya. Biarkan phyton -mu istirahat setelah mereka makan. Phyton akan berbaring di bawah cahaya/lampu untuk membantu mencerna makannya dan akan membantu mengurangi untuk dimuntahkan kembali.
image

Constipation/Sembelit/Susah buang air
Jika phyton-mu tidak buang air seperti biasanya, ataupun sulit untuk buang air atau pun kotorannya sangat kering, bisa dipastikan bahwa phyton –mu lagi sembelit. Tingkat kelembaban dan suhu yang rendah adalah penyebab umum terjadinya sembelit. Jagalah kebersihan air minum dan tempatkan air hangat di dalam kandang dan arahkan supaya phyton -mu berendam di dalam air tersebut sebagai antisipasi sembelit.

Scale rot / Infeksi kulit (sisik)
Kalau kamu menemukan warna yang berbeda pada sisik phyton seperti: warna Pink, Merah atau Coklat, hal ini mungkin disebabkan oleh Scale rot/ pembusukan sisik. Penyakit ini bisa terjadi pada beberapa sisik, di tempat tertentu atau pun di banyak tempat. Terkadang penyebab dari infeksi sisik ini bisa terjadi dari infeksi dari dari dalam tubuh yang muncul keluar tubuh sebagai scale rot/sisik yang busuk. Kandang yang tidak secara rutin dibersihkan dan diberikan disinfectan sehingga phyton akan berbaring di atas air kencing dan kotorannya dalam waktu yang cukup lama bisa menyebabkan scale rot.

Referensi:
https://qubicle.id/story/penyakit-umum-pada-ular-phyton