Apa saja penyakit pada hewan Ferret?

Penyakit - penyakit tersebut biasanya disebabkan oleh virus dan bakteri. penyakit - penyakit pada hewan ferret tersebut tentunya bisa dihindari dengan rajin membersihkan kandang dan tubuh ferret. Nah, apa saja penyakit - penyakit ferret?

Berikut adalah beberapa penyakit yang biasa menjangkiti ferret, yaitu:
• Penyakit batu ginjal pada ferret.
Ciri awal penyakit batu ginjal pada ferret adalah ferret terlihat gelisah, nafsu makan menurun, bengkak di bagian perut dan saluran kemih ferret, air kencing ferret yang sedikit, adanya bercak darah pada urine dan saluran kencing ferret. Penanganan yang cepat dan tepat sangat diperlukan dalam mengobati penyakit batu ginjal pada ferret. Cara mencegah penyakit batu ginjal pada ferret adalah dengan memberikan diet khusus berupa pemberian catfood yang memiliki code C/D atau U/D di kemasannya.

• Penyakit distemper pada ferret.
Penyakit ferret yang kedua adalah distemper pada ferret. Penyebab distemper pada ferret oleh virus distemper yang sama dengan virus distemper pada anjing. Yaitu virus canine distemper. Gejala awal penyakit distemper pada ferret adalah tidak mau makan, demam, serta keluar cairan dari hidung (ingus) dan mata ferret.

• Penyakit rabbies pada ferret.
penyakit ferret selanjutnya adalah rabbies. Cara mencegah rabies pada ferret bisa dilakukan dengan memberikan vaksinasi kepada ferret setelah anakan ferret berusia 3 bulan. patut ditekankan bahwa penyakit rabies pada ferret dapat menular ke manusia (ownernya). Untuk mencegah penularan penyakit rabies pada ferret ke manusia lakukan vaksinasi setiap tahun secara teratur.

• Penyakit tumor pada ferret
ciri awal ferret yang terkena tumor adalah perubahan perilaku, depresi, dan terlihat lemah. Tanda penyakit tumor pada ferret tersebut disebabkan karena adanya tumor pada perangsang sekresi hormon insulin, menyebabkan kadar gula pada darah ferret meningkat dan menimbulkan tanda humor pada ferret diatas.