Apa saja Peningkatan Efektivitas Pribadi yang menghasilkan Reaksi Positif

Menurut Henry David Thoreau : “Saya tidak tahu fakta lain yang lebih membesarkan hati selain kemampuan manusia yang tidak dilakukan untuk dapat meningkatkan kehidupannya melalui upaya yang disadari nya”

  1. Jadilah Proaktif.
    Hal ini berarti bahwa sebagai manusia kita bertanggung jawab atas hidup kita sendiri. Perilaku kita adalah fungsi dari keputusan kita, bukan kondisi kita. Sehingga kita dapat mengesampingkan perasaan sesudah nilai. Yang dapat membangun inisiatif dan tanggung jawab untuk membuat segalanya terjadi

  2. Merujuk pada Tujuan Akhir.
    Untuk melihat potensi kita harus paham apa yang menjadi tujuan akhir dalam melakukan sesuatu

  3. Dahulukan yang utama.
    Menurut Goethe :" Hal-hal yang paling penting tidak pernah boleh berada di bawah kekuasaan hal-hal yang paling tidak penting"

  4. Berpikir menang/menang.
    Menang/menang didasarkan pada sudut pandang bahwa ada banyak untuk setiap orang menjadi pemenang. Karena kita mengetahui bahwa keberhasilan seseorang tidak di capai dengan mengorbankan atau menyingkirkan keberhasilan orang lain

  5. Berusaha mengerti terlebih dahulu, baru di mengerti.
    Hal ini begitu penting bagi kita untuk tiba pada tujuan kita di awal. Membuka pengetahuan, pemahaman yang lebih baik dan luas lagi

  6. Wujudkan sinergi
    Sinergi adalah aktivitas tertinggi dalam kehidupan. Dimana memfokuskan 4 anugerah manusia yang unik, motif menang/menang, dan keterampilan komunikasi empatik. Sehingga sinergi adalah intisari dari kepemimpinan yang berpusat pada prinsip.

  7. Mengasah kemampuan dan mempersiapkanya
    Fokus lah pada tujuan akhir, Jangan banyak berpikir dan segera lakukan.

1 Like

Artikel yang cukup menarik. Kalau boleh saran, mungkin bahasanya bisa diperhalus kembali agar memudahkan orang untuk mengerti artikel anda. Saya setuju bahwa kita harus mengetahui skala prioritas mana yang nomor 1 agar nantinya kita juga lebih mudah dalam mengembangkan diri dan outcomenya positif. Jika berkenan, cek postingan saya mengenai Apakah Tingkat Literasi Masyarakat Indonesia Berpengaruh terhadap Self Improvement?

1 Like

Artikel nya cukup menarik
Mungkin peningkatan efektivitas pribadi memang pada dasarnya dapat menghasilkan reaksi positif. Dengan kita menigkatkan efektivitas itu kedepannya kita akan menjadi indivudu yang baik untuk diri sendiri dan juga orang lain
Alangkah baiknya jika bisa berdiskusi di artikelku ya kak


Terimakasih :blush:

Artikel yg menarik. Terima kasih utk kutipan bukunya.

Saya setuju dgn seluruh teori di buku ini, tapi dalam diskusi ini kta bisa lebih menyederhanakan dgn perumpamaan dan contoh pengaplikasian yg relevan, jadi kita bisa sama2 berkomentar.

D contoh 1 dan 2 , jadilah proaktif dan fokus PD tujuan akhir kita dapat mensiasati dgn mencekoki diri dgn motivasi2 yg ringan didengar d segala kondisi.

D contoh 3 kita dapat membuat list agenda dgn mengurutkan agenda dgn 4 poin, yaitu :slight_smile:

  1. Penting dan mendesak
  2. Penting dan tidak mendesak
  3. Tidak penting dan mendesak
  4. Tidak penting dan tidak mendesak

Selebihnya sekali lagi, ini terkait ttg motivasi, baik berasal dari diri sendiri maupun dari orang lain.
Semangattt​:muscle::muscle:

Mari sama2 belajar.