Apa saja pengaruh stres kucing pada kesehatan fisik kucing?

Kucing

Kucing yang stres dapat menderita konsekuensi kesehatan negatif. Selain itu, kucing yang stres sering kali menunjukkan perilaku yang tidak diinginkan. Apakah stres dapat memicu penyakit fisik pada kucing?

Kucing yang stres lebih rentan terhadap masalah kesehatan dan stres umumnya terkait dengan penekanan fungsi sistem kekebalan tubuh normal. Contoh-contoh berikut masalah kesehatan yang disebabkan oleh stres:

  • Infeksi virus herpes umumnya diaktifkan kembali oleh stres. Kucing yang terkena herpes memiliki gejala pernapasan bagian atas termasuk bersin dan keluarnya cairan dari mata dan hidung.
  • Seranganf eline interstitial cystitis (FIC), suatu kondisi peradangan pada kandung kemih, sering terjadi ketika masuk kucing baru ke dalam rumah tangga.
  • Gejala penyakit kulit dapat meningkat sebagai respons terhadap stres. Ini terutama berlaku untuk kucing dengan alergi kulit.
  • Stres telah dikaitkan dengan berbagai masalah gastrointestinal, yang mengakibatkan gejala seperti kehilangan nafsu makan, muntah, dan diare.