Apa saja pendekatan untuk pengujian MVP?

Minimum viable product atau MVP adalah versi baru dari sebuah produk yang memungkinkan tim untuk mengumpulkan jumlah maksimum validasi data tentang pelanggan dengan usaha yang sedikit.

Terdapat beberapa pendekatan untuk melakukan pengujian MVP yaitu:
a. Website dan Aplikasi
Salah satu metode paling sederhana untuk menguji permintaan suatu produk adalah membuat situs web dan kemudian membeli traffic ke situs web tersebut. Situs web ini tidak berfitur lengkap melainkan mockup yang menjelaskan apa yang akan tersedia dan mengundang pelanggan untuk mengklik untuk informasi lebih lanjut. Jumlah klik dibandingkan dengan jumlah pengunjung untuk menentukan jumlah ketertarikan dengan produk.

b. Layanan
Jika Anda akan menjual layanan, cara termudah untuk mengujinya adalah tidak membangun layanan pengiriman produk melainkan layanan untuk melakukan sesuatu bagi seseorang dan mencoba dan mengukur berapa banyak mereka akan bersedia membayar untuk layanan itu. Hal ini dapat dilakukan beberapa kali untuk mendapatkan ukuran yang akurat dari layanan ini.

c. Fitur Baru
Sebelum mengembangkan fitur baru untuk produk yang sudah ada - mungkin masuk akal untuk mengiklankan fitur di situs web yang ada dan memberikan tautan untuk informasi lebih lanjut. Tautan tersebut menjelaskan bahwa fitur tersebut sedang dalam pengembangan. Sekali lagi ukuran klik untuk pengunjung akan memberikan pemahaman yang wajar tentang perlunya fitur seperti itu sebelum pengembangan dimulai.

Lalu apa yang membedakan pendekatan-pendekatan di atas dengan rilis secepat mungkin, dan rilis dengan frekuensi yang sering? perbedaannya adalah bahwa ketika kedua pendekatan dirancang untuk mengambil umpan balik klien onboard, strategi MVP memiliki tujuan yang jelas sebelum terlibat dengan pelanggan dan mencari kepastian tentang strategi itu, sedangkan strategi open source (rilis awal, rilis sering) bergantung pada pelanggan untuk menetapkan tujuan seiring dengan perkembangannya. Keduanya merupakan sarana yang baik untuk mengembangkan produk, tetapi MVP menawarkan perjalanan yang lebih jelas dan lebih cepat ke produk unggulan.

Referensi:
Minimum Viable Product (MVP) and Design - Balancing Risk to Gain Reward