Apa saja peluang usaha agribisnis tanaman hias?

Minat masyarakat yang tinggi terhadap tanaman hias membuat bisnis ini menjadi pilihan tepat peluang usaha. Bisnis tanaman hias akan memiliki prospek yang bagus untuk masa mendatang. berasal dari hobi anda dapat kembangkan menjadi sebuah usaha. kemudian apa saja peluang usaha agribisnis tanaman hias ?

1 Like

Agribisnis tanaman hias banyak dijalankan dengan berbagai macam usaha. Beberapa agribisnis berbasis tanaman hias bisa dilakukan, tidak terbatas pada bunga potong. Selain perdagangan berupa bunga potong, aneka macam usaha agribisnis berbasis tanaman hias sudah menjadi mata dagangan yang digeluti oleh masyarakat yang mempunyai nilai komersial. Bahkan bisa dikembangkan tidak hanya bertumpu pada tanamannya saja, tetapi bisnis penunjang agribisnis tanaman hias, meliputi sarana dan prasarana pertanian, seperti penjualan pupuk, obat-obatan, pot, alat-alat pertanian. Berbagai ide dan kreatifitas dapat dikembangkan untuk memperluas macam usaha dalam agribisnis tanaman hias. Pengamatan berdasarkan kebutuhan konsumen menghasilkan macam usaha yang bisa dijalankan sebagai sumber pendapatan dari agribisnis tanaman hias, antara lain :

  1. Penjualan tanaman hias (dalam pot, polybag)
  2. Bibit tanaman hias (benih, bibit)
  3. Terarium
  4. Hidrogel
  5. Bunga potong (vas, krans, buket, korsase, ronce)
  6. Bunga tabur (untuk upacara adat)
  7. Jasa persewaan tanaman hias (pengadaan, penataan, pemeliharaan)
  8. Jasa perbaikan penampilan tanaman hias
  9. Pembuatan (penjualan/pemesanan) parcel tanaman
  10. Dekorasi (pengantin, seminar, dan lainnya)
  11. Jasa pembuatan taman (Tata taman)
  12. Pembuatan sari bunga (minyak atsiri untuk bahan kosmetik)
  13. Bunga kering (bunga vas, hiasan dinding)
  14. Wisata Taman Bunga.
  15. Sarana dan prasarana pertanian (bibit, pot, pupuk, media tanam, alat-alat
  16. berkebun)
Referensi

Widyastuti, Titiek. 2018. Teknologi Budidaya Tanaman Hias Agribisnis. Yogyakarta : CV Mine

2 Likes

Usaha agribisnis tanaman hias saat ini sedang berkembang cukup pesat. Tanaman hias tidak hanya berperan dalam pembangunan sektor pertanian, akan tetapi juga berperan bagi pembangunan sektor agrowisata di Indonesia. Perkembangan agrowisata yang memanfaatkan usaha pertanian sebagai objek wisata membuat bisnis tanaman hias memiliki prospek yang bagus untuk dikembangkan.

Tanaman hias adalah tanaman yang memiliki karakteristik morfologi bernilai estetik dan eksotik, diantaranya adalah tanaman hias bunga (anggrek, krisan, mawar, sedap malam, anthurium), tanaman hias berdaun indah (aglonema, puring, pucuk merah, siprus) serta tanaman hias perdu dan pohon (bougenvil, palem, sikas, beringin). Tanaman hias merupakan salah satu komoditas yang mempunyai nilai ekonomi tinggi dan memiliki prospek yang sangat cerah sebagai komoditas unggulan ekspor maupun untuk pemasaran di dalam negeri (Direktorat Budidaya Tanaman Hias dalam Manik, 2015).

Referensi:
Manik, E. F. 2015. Pengaruh Keterampilan Menjual dan Kelengkapan Produk Terhadap Omset Penjualan (Studi pada Pedagang Tanaman Hias di Jalan Williem Iskandar Pasar V Barat Medan. [skripsi]. Medan: Universitas Negeri Medan.

2 Likes