Apa saja pekerjaan yang cocok untuk Desain Komunikasi Visual ?

Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu (tujuan informasi ataupun tujuan persuasi yaitu mempengaruhi perilaku). Yang menarik dari sini adalah seorang sarjana DKV harus bisa mengolah pesan tersebut secara efektif, informatif dan komunikatif.

Apa saja pekerjaan yang cocok untuk Desain Komunikasi Visual ?

Web Designer

Lulusan desain komunikasi visual seringkali berkarir sebagai web designer. Hal itu disebabkan ilmu yang didapatkan semasa kuliah sangat menunjang karir web designer. Sebagai web designer, kamu akan bekerja membuat sebuah website.

Kamu akan membuatnya mulai dari desain visual hingga konten dari website tersebut. Dengan bekal ilmu desain komunikasi visual, pastinya kamu bisa membuat website yang mampu menarik perhatian calon penggunanya kelak.

Visual Designer di Penerbitan dan Percetakan

Pastinya, lulusan desain komunikasi visual amat dibutuhkan di industri penerbitan dan percetakan. Sebab, di kedua industri itu membutuhkan seorang desainer visual untuk produk-produknya. Selain itu, di industri percetakan, terkadang visual designer bertugas pula melakukan kontrol kualitas hasil cetakan.

Graphic Designer

Bidang pekerjaan ini ada di sebagian besar perusahaan kreatif, baik itu bidang perfilman, agensi periklanan, maupun perusahaan video games. Pekerjaannya tentu membuat desain grafis untuk keperluan perusahaan atau klien perusahaan. Selain itu, ada kalanya graphic designer memiliki tugas untuk typesetting dan membuat ilustrasi.

Illustrator

Menjadi illustrator tentunya bukan hal baru bagi lulusan desain komunikasi visual. Sebab, jurusan tersebut memang mengajarkan beberapa elemen dasar desain visual, seperti menggambar sketsa menggunakan alat tulis dan komputer.

Sebagai illustrator, kamu akan berkutat dengan pembuatan gambar untuk berbagai keperluan, seperti untuk storyboard, iklan, dan lain sebagainya. Pastinya, lini pekerjaan ini ada di beberapa jenis perusahaan kreatif, seperti production house film, biro agensi iklan, penerbitan, dan lain sebagainya.

Creative Director

Pekerjaan yang menjadi bagian penting dalam beberapa industri kreatif ini konsep kreatif sebuah proyek. Bila di dunia pertelevisian, creative director menjadi pengarah konsep kreatif program televisi, sedangkan di bidang periklanan dia akan bertugas menjadi pengarah konsep iklan sesuai permintaan klien.

Bagi lulusan desain komunikasi visual yang bekerja di posisi ini akan memiliki banyak keunggulan dibanding mereka dari latar belakang berbeda. Keunggulan itu ialah kemampuan desainer komunikasi visual untuk memahami psikologis masyarakat sehingga apa yang dibuatnya bisa tepat sasaran dan menarik minat banyak orang. Selain itu, dia akan mampu memahami konteks tampilan visual yang tepat untuk diterapkan pada proyeknya.

Art Director

Di bidang periklanan atau lumrah disebut advertising, seorang art director memiliki tugas penting. Dia akan bertanggung jawab menerjemahkan teks dari copywriter ke dalam bentuk visual. Dengan begitu, tampilan visual dari konsep suatu iklan akan sesuai dengan keinginan dan kemauan klien.

Posisi ini sangat cocok bagi lulusan desain komunikasi visual. Sebab, dia akan mampu menerjemahkan secara tepat kebutuhan tampilan visual suatu iklan dari seorang copywriter, termasuk di dalamnya dampak psikologis bagi penonton iklan tersebut.

Freelance Designer

Pekerjaan satu ini merupakan pekerjaan lepas yang tidak terikat oleh jam kantor. Kebanyakan dari mereka yang lulus dari jurusan desain komunikasi visual lebih memilih sebagai desainer lepas atau freelance designer lantaran jam kerjanya yang fleksibel.

Saat ini, banyak perusahaan lebih memilih menggunakan jasa freelance designer untuk proyeknya lantaran pengiritan budget perusahaan. Ketimbang menggunakan jasa perusahaan kreatif, mereka lebih memilih mempekerjakan freelance designer karena lebih murah.

Meski begitu, bukan berarti menjadi freelance designer dibayar rendah. Justru karena dia bergerak secara individu maka bayarannya bisa melebih gaji satu orang designer di perusahaan periklanan. Kalau kamu tipe orang yang tidak ingin terikat jam kerja, menjadi freelance designer merupakan pekerjaan yang tepat untukmu.

sumber : Sekolah Animasi, Film dan Desain | International Design School

Berikut ini merupakan pekerjaan yang cocok untuk DKV

_

1. Illustrator

image

Ini nih pekerjaan yang banyak banget di minati yaitu Illustrator. Pada umumnya illustrator menyediakan gambaran ilustrasi untuk memjelaskan atau menyampaikan pesan dalam bentuk gambar agar terlihat menarik, contohnya seperti cover novel, iklan, poster, majalah dan masih banyak lagi. Para illustrator pun memiliki keunikan hasil karyanya yang berbeda–beda.

Banyak juga ilistrator yang memakai pensil, spidol, pulpen, cat air, komputer bahkan ada yang lebih unik seperti menggunakan ampas kopi, kulit telur dan masih banyak lagi. Di zaman milenial saat ini orang–orang lebih suka melihat gambar dari pada membaca sebab dengan melihat gambaran pun kita akan mengerti cerita atau pesan apa yang disampaikan oleh sang ilustrator.

2. Web dan Mobile Design

image

Nah pekerjaan ini juga banyak sekali peluangnya karena banyak perusahaan–perusahaan yang membutuhkan profesi ini untuk membuat profile perusahaan misalnya, atau memang perusahaan yang memang bergerak dibidang pengembangan web atau periklanan atau web toko online. Kalau kalian ingin jadi web dan mobile designer kalian harus bisa nih yang namanya Photoshop, Illustrator, HTML, CSS dan paham akan konsep standar dari sebuah website.

3. Photography

image

Yang satu ini ada profesi yang sudah lama banget dikenal oleh semua orang di dunia, yap Photogrphy. Kebanyakan para fotografi ini timbulnya dari hobi dan kemudian hobinya membuahkan hasil foto yang sangat bagus dan sebuah profesi yang berawal dari hobi. Dan kebanyakan juga mereka bekerja di perusahaan media, studio foto dan percetakan.

4. Graphic Designer

image

Profesi ini merupakan bidang yang sedang naik daun dan amat sangat dibutuhkan oleh perusahaan media kreatif, seperti dibidang perfilman, periklanan atau video games. Tugas meraka ya tentunya membuat desain grafis untuk sebuah perusahaan atau klien dari perusahaan itu sendiri.

5. Art Director

image

Art director atau bisa dibilang orang yang mengarahkan tim yang bekerja di bawahnya seperti desainer grafis, illustator, fotografi, fashion stylist dan lainnya. Pekerjaannya biasanya membuat konsep atau ide dan juga strategi pemasaran.

6. Creative Director

image

Bagi kalian yang lulusan desain komunikasi visual bisa nih jadi creavite director karena bidang ini sangat dibutuhkan oleh para industri kreatif. Contohnya di pertelevisian, kamu akan menjadi pengarah konsep kreatif dalam sebuah program televisi, kalau kalian bekerja di bidang periklanan, kamu akan menjadi pengarah konsep sebuah iklan sesuai dengan permintaan klien.

7. Freelance Designer

image

Nah yang satu ini bisa nih buat kalian yang lulusan desain komunikasi visual yang belum dapat pekerjaan yang kalian inginkan, kalian bisa jadi freelance designer, lumayan kan buat nambah uang saku dan gak bergantung sama orang tua. Selain itu pekerjaan ini jam kerjanya juga fleksibel. Tapi jangan salah sangka dulu kalo para freelancer penghasilannya sedikit, justru jadi freelancer kalian bisa menentukan harga untuk jasa freelance mu sendiri loh. Selain itu banyak juga para designer yang sudah mendapatkan pekerjaan juga menjadi freelance designer sebagai pekerjaan sampingan atau tambahan.
.
.
.

Itulah beberapa pekerjaan yang cocok untuk kalian yang lulusan jurusan Desain Komunikasi Visual.

source: https://www.hipwee.com/list/7-profesi-untuk-kamu-lulusan-desain-komunikasi-visual/

__

Semoga bermanfaat mengenai jawaban yang saya berikan, terimakasih :pray: