Apa saja parameter yang diberikan untuk setiap risiko yang teridentifikasi pada tahapan risk assessment?

Risk Assessment merupakan tahapan untuk menganalisa semua jenis risiko yang telah terkumpul dalam tahapan sebelumnya. Pada tahapan ini ada 3 buah parameter yang diberikan untuk setiap risiko yang teridentifikasi. Apa saja parameter tersebut?

Risk Assessment merupakan tahapan untuk menganalisa semua jenis risiko yang telah terkumpul dalam tahapan sebelumnya. Pada tahapan ini ada 3 buah parameter yang diberikan untuk setiap risiko yang teridentifikasi:

1. Risk Probability ( P )
Seberapa besar kemungkinan terjadinya risiko tersebut selama berjalannya proyek IT. Probabilitas 0 berarti risikonya tidak mungkin terjadi dan probabilitas 1 berarti risiko sudah terjadi. Nilai P untuk risiko yang teridentifikasi biasanya bernilai diantara 0 dan 1. Dari masing-masing nilai probabilitas yang dikumpulkan, maka risiko dapat dikategorikan seperti yang disebutkan pada tabel berikut:

2. Likelyhood Justification
Penjelasan mengenai nilai probabilitas yang diperoleh.

3. Cost ( L )
Tingkat kerugian yang akan dialami apabila risiko benar-benar terjadi. Untuk memudahkan penghitungan biasanya nilai berkisaran 0.0 - 1.0 dengan nilai 0.1 berarti tingkat kerugian yang rendah dan 1.0 berarti tingkat kerugian yang sangat tinggi. Dari masing-masing Cost yang dikumpulkan, maka risiko dapat dikategorikan seperti yang disebutkan pada tabel berikut:

4. Likelyhood Cost Justification
Penjelasan mengenai nilai Cost yang diperoleh.
5. Risk Exposure ( R )
Risk Exposure didapatkan dengan mengalikan Probabilitas dan Cost dari masing-masing risiko. Risk Exposure menandakan pentingnya risiko dalam pelaksanaan proyek IT.

Dari sekian banyak risiko yang telah teridentifikasi dan telah didapatkan nilai RE-nya. Maka 20 risiko yang paling besar nilai RE-nya dikumpulkan untuk menandakan 20 risiko terbesar yang akan dihadapi selama pelaksanaan proyek.

Dokumen yang dihasilkan dalam tahapan ini berupa dokumen risk assessment yang berupa tabel seperti yang dapat dilihat pada gambar berikut:

Sumber:
Emanuel, A. W. R., 2006. Penerapan Risk Management Plan dalam Pengembangan Perangkat Lunak Skala Enterprise. Jurnal Sistem Informasi, 1(2), pp. 149-156.