Apa saja pantai wisata yang ada di Madura?

Madura

Pulau yang lokasinya ada di sebelah timur Laut Jawa Timur ini memiliki luas wilayah kurang lebih 5.168 kilometer. Jika dilihat dari ukuran geografis, Pulau Madura termasuk sebagai salah satu pulau kecil, bahkan lebih kecil dari Pulau Bali. Tapi tidak hanya Bali dan Lombok (pulau tetangga), Madura juga memiliki beberapa pantai yang tidak kalah memesona dan eksotis yang bisa kamu kunjungi. Apa saja pantai wisata yang ada di Madura?

1. Gili Labak
Memiliki luas yang hanya 5 hektar saja, pulau ini dihuni oleh sekitar 35 kepala keluarga. Keindahan pulau ini bisa kamu lihat dari hamparan pasir putih yang menyelimuti hampir sebagian pulaunya. Tidak hanya itu, bersiap juga untuk terpesona akan gradasi warna air laut mulai dari hijau dan biru toska, dan juga pohon nyiur yang banyak tumbuh di bibir pantai. Selain keindahan di darat, kamu juga bisa menikmati indahnya pemandangan biota laut yang yang masih terjaga di sini. Bahkan, kalau kamu beruntung, kamu bisa melihat ikan nemo dari bibir pantai saja. Nah, buat kamu yang suka dengan olahraga air dan ingin menikmati keindahan bawah laut yang lebih banyak lagi, tidak perlu khawatir karena di Gili Labak sendiri sudah banyak tersedia fasilitas untuk snorkeling, diving, bahkan bisa juga bermalam di pulau ini. Tenang, kamu tidak perlu membayar alias gratis kalau mau masuk ke pulau ini.

2. Pantai 9
Selain Gili Labak, ada juga Pantai 9 yang lokasinya terletak di Desa Bringsang, Kecamatan Kepulauan Gili Genting. Untuk bisa sampai ke sini, kamu harus menyeberang menggunakan perahu motor dengan jarak tempuh kurang lebih 45 menit dan biaya 10 ribu per orang. Pemandangan alam yang ada di Pantai 9 ini juga tidak kalah indahnya dari pesona Gili Labak. Di sini, kamu bisa menemukan banyak pepohonan cemara rimbun yang menghiasi tepi pantai. Diberi nama Pulau 9 karena kalau dilihat dari ketinggiaan, bibir pantai di pulau ini membentuk angka 9. Saking indahnya, dengan pasir putih dan turqois water pada air lautnya, pulau ini bisa dibilang sebagai Hawaii-nya Pulau Madura. Tertarik untuk ke sini?

3. Pantai Lombang
Sedangkan pantai yang satu ini sering disamakan dengan Pantai Kuta yang ada di Bali. Bibir pantainya yang dipagari dengan pohon cemara udang yang berfungsi untuk mengurangi panasnya matahari. Menariknya, Pantai Lombang adalah satu-satunya pantai di dunia yang ditumbuhi pohon cemara udang, lho!

4. Pantai Mamburit
Seperti halnya pantai indah pada umumnya, Pantai Mamburit juga menyuguhkan keindahan pasir putih dan air laut dengan gradasi yang akan berubah sesuai dengan keadaan cahaya. Letaknya sangat dekat dengan Pulau Kangean dan masih termasuk dalam wilayah Desa Kalisangka, Kecamatan Arjasa, Kangean, dan terdiri dari 47 kepala keluarga saja. Keunikan yang bisa kamu dapatkan di sini adalah penduduk yang berasal dari suku dayak, bugis, dan madura yang hidup rukun berdampingan.

5. Pantai Nepa
Bisa dibilang, pantai ini masih sangat perawan jika dibandingkan dengan beberapa pantai di Madura yang lainnya. Alasannya adalah karena pantai ini masih belum terjamah, sehingga keindahannya masih sangat terjaga. Hamparan pasir putihnya sangat bersih dan luas. Air lautnya juga sangat biru dan tenang. Pantai Nepa masih termasuk dalam gugusan pantai utara Pulau Jawa. Hal unik yang membedakan pantai ini dengan pantai di Madura lainnya adalah keberadaan monyet yang merupakan penghuni kawasan hutan lindung Nepa yang banyak berkeliaran di pantai.

Sumber: