Apa saja pantai di Jogja yang menarik dan bisa dikunjungi dalam 1 hari sekaligus?

pantai

Salah satu aset wisata yang terkenal di Jogja adalah hamparan pantainya. Diantara semua wilayah kabupaten, Gunung Kidul merupakan wilayah yang paling kaya dengan obyek wisata pantai. Pasir putih, beningnya air, dan kokohnya karang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Di Kabupaten ini, ada puluhan pantai cantik dengan pesonanya masing-masing. Nah, kalau kebetulan sedang di Jogja (atau berencana ke sana), apa saja pantai di Jogja yang menarik, dan bisa dikunjungi dalam 1 hari sekaligus?

Pantai-pantai di Jogja ini terletak dalam satu pintu retribusi.

1. Pantai Watulawang
Berada di wilayah kecamatan Tepus, Pantai Watulawang ini baru sekitar dua tahunan di buka sebagai obyek wisata. Dinamakan Watulawang, karena di pantai ini terdapat sebuah gua, yang mulutnya menyerupai bentuk pintu, dan hanya digunakan saat upacara Nyadran. Walau begitu, sepertinya bukan keberadaan gua yang menjadi magnet pantai ini, melainkan suasana alami dan penataan pantai yang dibuat sedemikian menawan. Bisa dibilang pantai ini surga bagi kamu yang benar-benar pengen menyatu dengan alam. Kondisi pantai yang masih relatif sepi , berpadu dengan keindahan alamnya, cocok buat kamu yang ingin mendirikan tenda dan camping misalnya. Soal fasilitas publik? Jangan khawatir, di tepi pantai sudah ada beberapa warung makan sederhana. Sayangnya, jalur masuk ke pantai ini masih lumayan sempit dan hanya bisa dijangkau oleh kendaraan beroda dua dan roda 4 saja.

2. Pantai Watu Kodok
Secara lokasi, Pantai Watu Kodok terletak di wilayah Desa Banyurejo, Tanjungsari. Di ranah wisata pantainya Jogja, pantai ini masih termasuk baru. Pengunjungpun belum begitu banyak yang datang. Jadi, siap-siap aja kalau kamu main ke sini rasanya seperti sedang berlibur di pantai pribadi. Selain bermain ombak dan menikmati pasir putih, kamu bisa juga mendirikan tenda, menikmati akhir pekan bersama sahabat misalnya. Atau kalau mau mudah, banyak penduduk di sekitar pantai yang menjadikan rumah tempat tinggal mereka sebagai penginapan.

3. Pantai Sepanjang
Dinamakan Sepanjang, karena konon pantai inilah yang memiliki garis pantai terpanjang dibandingkan dengan pantai-pantai yang lain. Jalur untuk mencapai pantai ini pun sangat mudah. Dari pintu retribusi tinggal mengikuti jalur utama, hingga menemukan papan penunjuk lokasi dengan ukuran besar, bertuliskan Pantai Sepanjang. Meski termasuk tempat wisata baru, akses jalan yang mudah membuat pantai ini sudah ramai pengunjung. Sarana akomodasi seperti warung makan, restoran, tempat ibadah, dan juga penginapan sudah tersedia dengan fasilitas yang memadai. Pesona alam yang luar biasa, bisa kamu nikmati juga dengan menyaksikan matahari terbit atau tenggelam dari pantai ini.

4. Pantai Krakal
Ini dia pantai yang bisa disebut sebagai pantai 3 in 1! Dari satu pantai ini, kamu bisa berjalan ke dua pantai yang lain, yakni pantai Slili dan Pantai Sadranan. Pantai Slili dikenal dengan ombaknya yang cukup ramah, sementara Sadranan dikenal dengan wisata snorkelingnya.
Daya tarik pantai Krakal adalah pantainya yang landai dan kekayaan biota lautnya. Saat pantai tengah surut, aktivitas yang paling mengasyikkan adalah mencari ikan hias yang terjebak diantara batuan karang. Nggak perlu khawatir, karena kamu bisa membeli jaring sekaligus ember mungil dari pedagang setempat dengan harga yang sangat terjangkau. Mau suasana beda? Naik saja ke bukit yang ada di sisi barat, karena ada bukit Jujugan di sana. Selain bisa melihat hamparan pantai dan laut dari ketinggian, kamu juga bisa berfoto ria dengan spot menarik.

5. Pantai Drini
Ada dua daya tarik utama pantai ini. Di sisi barat, ada aktivitas para nelayan. Kamu bisa berinteraksi dengan para nelayan yang baru saja pulang melaut. Sisi timur, adalah area yang lumayan nyaman untuk bermain air. Ada puluhan gasebo yang bisa kamu gunakan untuk istirahat dengan gratis, asal kamu njajan di warung pilihanmu. Bagi yang suka menangkap ikan hias, kemampuanmu bisa diuji praktekkan juga di pantai. Saat kamu beruntung, kamu akan melihat sekawanan ikan hias yang berenang di antara karang, membelah beningnya air pantai. Selain itu kamu pun bisa merasakan sensasi yang berbeda, dengan memasuki pulau kecil di tengah Pantai Drini. Pulau atau bukit ini bisa kamu jangkau dengan menaiki jembatan yang disediakan pengelola.

Sumber:

1 Like