Apa saja pakan yang dapat digunakan untuk katak peliharaan?

image

Apakah kebutuhan katak kecil dan katak besar memiliki kebutuhan pakan yang berbeda? Apa saja pakan yang dapat digunakan untuk katak peliharaan?

Berikut adalah kebutuhan pakan katak peliharaan

  • Kebanyakan jenis katak suka memakan jangkrik, cacing (seperti red wigglers dan night crawlers) dan makhluk mengerikan lainnya. Akan tetapi, tetap penting untuk diingat bahwa katak biasanya lebih menyenangi makanan yang masih hidup, khususnya bila kamu tidak menginginkan hal seperti itu.
  • Katak yang lebih besar membutuhkan lebih banyak makanan substansial, yang mana mungkin termasuk tikus, ikan mas, atau gupi. Menyediakan katakmu dengan ini akan menjadi pekerjaan besar dan bukan untuk orang yang penakut!
  • Sebagai tambahan, kamu harus mempertimbangkan dimana sumber makanan katakmu, toko bahan makanan di tempatmu mungkin tidak menyediakan jangkrik hidup! Apakah kamu mempunyai toko penyedia kebutuhan binatang peliharaan disekitarmu yang melayani kebutuhan binatang eksotik?
  • Tentu saja, kamu dapat menemukan makanan untuk katamu di halaman belakang tetapi ini memakan waktu yang lama dan tidak pasti. Sebagai tambahan, hama tanaman biasanya sudah terkena obat serangga, yang mana tidak sehat bagi katakmu.

Makanan untuk katak peliharaan atau budidaya:

  1. Ikan kecil, seperti baby fish dll, usahakan dalam pemberian makan ikan dalam keadaan hidup dengan cara masukkan ikan kedalam wadah kecil kemudian biarkan katak atau kodok datang dan memakan ikan tersebut.

  2. Siput, bisa siput sawah ataupun bekicot, sebelum diberikan ke katak atau kodok bersihkan dahulu siput dari cangkangnya.

  3. Jangkrik, adalah makanan umum yang bisa diberikan untuk katak atau kodok peliharaan kita, selain harganya murah juga mudah untuk didapatkan, jangan memeri kodok atau katak kita jangkrik dari hasil tangkapan di alam liar karena jangkrik tersebut bisa berpotensi membawa penyakit.

  4. Tikus putih atau anak tikus lainnya, pada umumnya diberikan untuk jenis katak atau kodok tertentu yang berukuran besar seperti kodok pacman. Namun sebelum diberikan pastikan dulu kalau tikus putih terbebas dari penyakit dengan cara bisa dibeli dari orang yang khusus membudidaya tikus untuk dijual.

  5. Laba laba kecil,tentu laba-laba yang tidak beracun dan mudah di dapatkan.
    Dari semua contoh makanan untuk katak diatas, jangkrik merupakan makanan yang paling umum dan mudah diberikan untuk katak atau kodok peliharaan kita, sedangkan untuk tikus putih diberikan terbatas untuk katak atau kodok jenis tertentu saja.

Sumber:
info-pets.blogspot.co.id/2016/04/jenis-jenis-makanan-katak-atau-kodok.html?m=1