Apa saja pakan yang baik untuk Ikan Lele ?

Ikan Lele

Pakan adalah makanan atau asupan yang diberikan kepada ikan lele sebagai sumber gizi agar ikan lele dapat hidup dan berkembang dengan baik. Agar budidaya ikan lele berhasil dan sukses, ikan lele harus diberi pakan yang baik dan berkualitas. Apa saja pakan yang baik untuk Ikan Lele menurut anda?

Pakan yang Baik untuk Ikan Lele

Dalam budidaya ikan lele budget terbesar adalah biaya pembelian pakan. Oleh sebab itu menggunakan pakan yang berkualitas merupakan langkah paling bijak untuk menghindari kerugian. Pakan yang baik harus mengandung protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitamin dalam jumlah yang seimbang. Peting untuk memperhatikan dan membaca baca baik-baik keterangan pada kemasan saat membeli pakan. Kandungan nutrisi yang dibutuhkan ikan lele secara umum adalah protein minimal 30%, lemak 4 – 16%, karbohidrat 15 – 20% serta vitamin dan mineral yang seimbang. Perlu juda diperhatikan tanggal produksi pakan yang akan dibeli dan jangan membeli pakan yang sudah kadaluarsa.

Pakan ikan lele yang berkualitas harus memiliki rasio FCR lebih kecil dari 1 atau setidaknya sama dengan 1. FCR merupakan singkatan dari Food Convertion Ratio, yaitu perbandingan jumlah pakan dengan bobot ikan. Semakin kecil rasio FCR-nya maka semakin baik kualitas pakan tersebut. Dengan kata lain, FCR adalah berapa jumlah pakan yang diberikan dan berapa kilogram bobot ikan yang dihasilkan. Sebagai contoh, jika pakan yang diberikan sebanyak 1 kg dan menghasilkan bobot ikan seberat 1 kg, artinya nilai FCR pakan tersebut adalah 1.

Sumber: