Apa saja pakan ikan nila yang baik ?

pakan ikan nila

Kebutuhan pakan ikan nila per hari adalah 3% dari bobot tubuh ikan tersebut. Untuk menentukan jumlah pakan, setiap 1-2 minggu ikan ditimbang kemudian disesuaikan jumlah pakan yang harus diberikan.

Apa saja pakan nila yang baik ?

Pakan Ikan Nila

Makanan adalah salah satu terpenting dalam pertumbuhan ikan nila, terutama ikan nila yang telah di budi dayakan, karena jika makanan yang diberikan tidak mengandung gizi cukup, maka bisa jadi hasil panen akan kurang maksimal.

Pada umumnya ikan nila yang dibudidayakan akan diberi 2 jenis makanan, yaitu :

  1. Makanan pokok
    Makanan pokok atau makanan utama adalah salah satu makanan yang sangat terpenting bagi ikan nila. Biasanya mereka menggunakan pelet untuk makanan utamanya dengan tipe 781 sp, 781-2 dan FF999. Pelet diberikan 3 kali dalam sehari secara teratur pada pagi, siang dan sore hari.

    Namun perlu di ketahui juga bahwa pemberian makanan pokok saja tidak akan menjadikan ikan nila yang di budidayakan akan tumbuh dengan baik, jadi sangat perlu juga memberikan pakan alternatif.

  2. Makanan alternatif
    Merupakan ke dua setelah makanan pokok untuk ikan nila. Di sisi lain, pemberian pakan alternatif dapat menghemat pengeluaran untuk beli pakan ikan, apalagi harga dari pelet cukup mahal. Pakan ini bisa limbah sayuran, roti, ampas kelapa, azzola.

Sumber: