Apa saja oleh oleh khas Bali yang wajib untuk di bawa pulang?

image

Apa saja oleh oleh khas Bali yang wajib untuk di bawa pulang?

Bali memang menjadi destinasi wisata favorit sejuta umat. Pesona alamnya indah, budayanya unik, dan penduduk setempat yang ramah menjadi daya tarik utamanya. Pulau Dewata ini juga menawarkan beraneka macam oleh-oleh, mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan hingga kain batik. Buat kamu yang masih bingung saat ingin beli oleh-oleh khas Bali, berikut rekomendasi sejumlah oleh-oleh untuk dibeli sebelum pulang.

1.Kerajinan tangan khas Bali

image

Masyarakat Bali memang terkenal dengan kreativitasnya, sehingga rugi banget kalau kamu tidak membeli kerajinan tangan khas Bali sebagai oleh-oleh. Jika ingin menemukan berbagai kerajinan tangan khas Bali dengan mudah, cobalah pergi ke Pasar Seni Sukawati atau Pasar Seni Ubud di Gianyar.

Berbagai kerajinan tangan seperti tas, hiasan dinding, patung, manik-manik, sandal, dan sebagainya bisa kamu temui di sana. Kualitasnya pun tak perlu diragukan lagi. Jika ingin mendapatkan harga lebih murah, kamu bisa mencoba untuk menawar harga. Tapi, tak ada salahnya menghargai kreativitas para pembuat kerajinan tangan ini dengan membayar sesuai harga yang ditetapkan.

2. Batik Bali
image

Batik memang menjadi identitas bangsa Indonesia. Beberapa daerah di Pulau Jawa, seperti Pekalongan, Jogjakarta, dan Solo telah dikenal sebagai sentra batik. Namun, batik tak hanya milik orang Jawa. Bali ternyata juga memiliki batik dengan corak khas bernama Batik Galuh Batubulan.

Jika berkunjung ke Bali, sempatkanlah singgah ke Banjar Tegehe, Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Batik Galuh Batubulan memiliki daya pikat yang menarik, seperti keindahan corak yang khas, pilihan warna yang memikat hingga mutu bahan yang bagus. Terlebih, produk ini telah divariasikan dalam bentuk kain maupun baju siap pakai, seperti kemeja, gaun, dan rok, aneka tas, hingga beragam kerajinan tangan. Itulah mengapa Batik Galuh Batubulan bisa menjadi alternatif oleh-oleh yang unik.

3. Pia Legong

image

Tidak susah mengenali oleh-oleh kuliner khas Bali satu ini. Pia legong dibungkus dalam kemasan bergambar penari Legong. Makanan ringan satu ini masih tergolong tradisional karena pembuatannya yang tidak menggunakan mesin. Jumlah produksinya pun dibatasi demi menjaga kualitas rasa. Tidak heran jika banyak calon pembeli yang kecewa karena tidak berhasil mendapatkan pia legong untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

4. Pie Susu

image

Ini dia oleh-oleh yang sepertinya tidak pernah tidak dibawa orang-orang ketika pulang dari Bali. Pie susu memiliki bentuk yang ceper, dengan bagian pinggir bertekstur pastry renyah. Rasa gurih dari pastry tersebut bercampur dengan fla susu pada bagian tengan pie. Karena kepopularitasannya ini, sekarang jadi banyak pie susu dengan beragam varian rasa, mulai dari original, choco chips, kismis, almond, hingga keju. Anda bisa menemukannya dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh.

sumber :
https://blog.traveloka.com/bali/oleh-oleh-khas-bali-yang-harus-dibeli-sebelum-pulang/
http://id-blog.zenrooms.com/8-oleh-oleh-khas-bali-yang-wajib-dibawa-pulang/