Apa saja nutrisi yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi rambut rontok?

Rambut rontok dapat disebabkan oleh banyak faktor termasuk efek samping dari obat tertentu, ketidakseimbangan hormon, stres atau bahkan kekurangan gizi. Beberapa nutrisi dapat mengatasi masalah tersebut. Apa saja?

  1. Protein
    Protein dikenal sebagai zat pembangun sehingga merupakan salah satu nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Protein berguna untuk menguatkan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut. Makanan tinggi protein sangat banyak dan mudah ditemukan, seperti daging, telur, ikan, dan kacang-kacangan.

  2. Asam lemak omega-3
    Asam lemak esensial omega 3 dapat membantu menghentikan rambut rontok serta mendorong pertumbuhan rambut. Asam lemak juga membantu menyehatkan kulit kepala dan membuat rambut berkilau. Kacang-kacangan, seperti kenari dan kacang almond; ikan, seperti salmon, tuna, dan sarden; alpukat; dan bayam merupakan sumber asam lemak omega-3.

  3. MSM (Metil Sulfonyl Metana)
    Metil Sulfonyl Metana dapat membantu memproduksi keratin (protein rambut). Keratin inilah yang membantu memperkuat rambut. Sebuah studi menemukan, orang yang memakai MSM mengalami pengurangan rambut rontok dan peningkatan pertumbuhan rambut hanya dalam waktu enam bulan. Susu, tomat dan jagung merupakan beberapa contoh bahan makanan yang mengandung MSM.

  4. Vitamin B-kompleks
    Vitamin B termasuk biotin (vitamin B7) dan vitamin B6 dapat mengurangi rambut rontok dengan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan meremajakan folikel rambut. Vitamin B5 atau asam pantotenat juga dapat mencegah rambut rontok dan penipisan pada rambut. Vitamin B-kompleks dapat ditemukan dengan mudah pada buah-buahan dan sayuran, seperti alpukat, pisang, apel, bayam, kubis, brokoli, asparagus, kembang kol, selain itu juga ditemukan pada daging, seafood, kacang-kacangan, telur, dan produk susu. Mengonsumsi 100 mg suplemen vitamin B-kompleks per hari dapat membantu pertumbuhan rambut. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen tersebut.

sumber: