Apa saja nilai-nilai kebudayaan Islam ?

Budaya Islam

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia.

Apa saja nilai-nilai kebudayaan Islam ?

Kebudayaan adalah semua hasil karya, karsa dan cipta manusia di masyarakat. Istilah “kebudayaan” sering dikaitkan dengan istilah “peradaban”. Kebudayaan lebih banyak diwujudkan dalam bidang seni, sastra, religi dan moral, sedangkan peradaban diwujudkan dalam bidang politik, ekonomi, dan teknologi.

Kebudayaan Islam adalah kejadian atau peristiwa masa lampau yang berbentuk hasil karya, karsa dan cipta umat Islam yang didasarkan kepada sumber nilai-nilai Islam.

PRINSIP-PRINSIP KEBUDAYAAN ISLAM

Kebudayaan Islam bukan kebudayaan yang diciptakan oleh orang Islam, tetapi kebudayaan yang bersumber dari ajaran Islam atau kebudayaan yang bersifat Islami.

Prinsip-prinsip kebudayaan dalam Islam merujuk pada sumber ajaran Islam yaitu:

  1. Menghormati akal. Manusia dengan akalnya bisa membangun kebudayaan baru. Kebudayaan Islam tidak akan menampilkan hal-hal yang dapat merusak manusia. dijelaskan dalam Qs, Ali-Imran, 3:190 yang artinya:

    “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang yang berakal”.

  2. Memotivasi untuk menuntut dan mengembangkan ilmu. Firman Allah Swt :

    ”Allah akan mengangkat (derajad) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang berilmu beberapa derajad” (Qs, aL-Mujadalah, 58:11).

  3. Menghindari taklid buta. Kebudayaan Islam hendaknya mengantarkan umat manusia untuk tidak menerima sesuatu sebelum diteliti. Sebagaimana telah difirmankan Allah Swt:

    “Dan janganlah kamu mengikuti dari sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani semua itu akan dimintai pertanggungjawaban” (QS, al-Isra, 17:36).

  4. Tidak membuat kerusakan. Firman Allah Swt:

    “Janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan” (Qs, al-Qhasash, 28:77).

Secara garis bersar, terdapat 9 karakterstik kebudayaan Islam menurut Yusuf Qardhawi, yaitu :

  • Rabbaniyah ( bernuansa ketuhanan )
  • Akhlaqiyah (perilaku baik dan buruk menurut islam )
  • Insaniyah ( memiliki nilai-nilai kemanusiaan )
  • ‘Alamiyah ( bersifat terbuka )
  • Tassamuh ( egaliter )
  • Tanawwu’ ( beranekawarna )
  • Wasathiyah ( bersifat moderat )
  • Takamul ( terpadu )
  • Bangga terhadap diri sendiri