Apa saja misteri yang sering muncul di Danau Toba Medan ?

Danau toba adalah sebuah danau alami yang berada di Sumatera Utara. Danau ini memiliki ukuran panjang sekitar 100 Km, lebar sekitar 30 Km, dan kedalaman hingga 505 meter atau 1666 kaki. Danau ternyata menyimpan hal mistis dan terjadi di Danau toba maupun disekitarnya. Disana terdapat gubug yang pernah digunakan oleh pemerintahan Belanda untuk mengasingkan tokoh Proklamator yaitu, Bung Karno selama 22 hari. Hampir 60 tahun berselang, gubug ini masih ada. Gubug ini kini menjelma sebagai sebuah wisma megah yang difungsikan untuk menyabut tamu-tamu kehormatan Pemprov Sumatra Utara. Menurut warga, konon, banyak pengunjung yang sering mendengar suara-suara dan langkah kaki dari ruang pertemuan yang dulu dipakai Bung Karno. Bahkan, pengunjung yang menginap pun tak jarang mengalami gangguan oleh Makhluk Astral tersebut. Serem juga yaa…

ya memang banyak kisah misteri yang ada di danau tersebut, beberapa ceritanya seperti, Sosok Penunggu Gubuk, Sosok Wanita Berwajah Rata, Wajib Mengucapkan Santabi Oppung, Sosok Begu Ganjang Pencabut Nyawa. Mungkin yang paling menarik adalah sosok begu ganjang pencabut nyawa ini, Begu Ganjang merupakan sosok makhluk mistis yang sejak lama dikenal oleh etnis Batak Toba. Menurut penduduk setempat, Begu Ganjang berarti hantu panjang yang keberadaannya acap kali dikaitkan dengan fenomena aneh seperti orang yang tiba-tiba sakit atau meninggal secara misterius.

Konon mereka yang pernah melihat, menjelaskan jika Begu Ganjang adalah makhluk tinggi yang jika dilihat bisa mencekik orang yang melihatnya.

Sosoknya dipercaya berambut panjang dan suka berdiam di pucuk-pucuk pohon yang tinggi. Meski keberadaan makhluk misterius ini masih menjadi perdebatan, akan tetapi banyak yang percaya atas keberadaannya.

Menurut pengalaman yang pernah saya rasakan, Memang, tempat ini sedikit terasa hawa-hawa mistis. Sekedar berbagi pengalaman, saya dan sekeluarga sempat berkunjung ke tempat tersebut selama 5 hari. Dari 5 hari tersebut, saya dan keluarga tidak sedikitpun merasakan adanya suara-suara atau langkah kaki tersebut, apalagi adanya kemunculan makhluk astral tersebut. Walaupun memang benar beberapa warga sekitar sempat menceritakan adanya penampakan-penampakan makhluk halus.