Apa saja metodologi yang dapat digunakan untuk memperoleh pengetahuan?

Metode Induktif


Induksi yaitu suatu metode yang menyimpulkan pernyataan-pernyataan hasil observasi disimpulkan dalam suatu pernyataan yang lebih umum. Menurut suatu pandangan yang luas diterima, ilmu-ilmu empiris ditandai oleh metode induktif, suatu inferensi bisa disebut induktif bila bertolak dari pernyataan- pernyataan tunggal, seperti gambaran mengenai hasil pengamatan dan penelitian orang sampai pada pernyataan-pernyataan universal.

David Hume (1711−1776) telah membangkitkan pertanyaan mengenai induksi yang membingungkan para filsuf dari zamannya sampai sekarang. Menurut Hume, pernyataan yang berdasarkan observasi tunggal betapapun besar jumlahnya, secara logis tak dapat menghasilkan suatu pernyataan umum yang tak terbatas.

Dalam induksi, setelah diperoleh pengetahuan maka akan dipergunakan hal-hal lain, seperti ilmu mengajarkan kita bahwa kalau logam dipanasi, ia mengembang, bertolak dari teori ini kita akan tahu bahwa logam lain yang kalau dipanasi akan mengembang. Dari contoh tersebut bisa diketahui bahwa induksi tersebut memberikan suatu pengetahuan yang tersebut juga dengan pengetahuan sintetik.

Metode Deduktif


Deduksi ialah suatu metode yang menyimpulkan bahwa data-data empirik diolah lebih lanjut dalam suatu sistem pernyataan yang runtut. Hal-hal yang harus ada dalam metode deduktif ialah adanya perbandingan logis antara kesimpulan- kesimpulan itu sendiri. Ada penyelidikan bentuk logis teori itu dengan tujuan apakah teori tersebut mempunyai sifat empiris atau ilmiah, ada perbandingan dengan teori-teori lain dan ada pengujian teori dengan jelas menerapkan secara empiris kesimpulan-kesimpulan yang bisa ditarik dari teori tersebut.

Popper tidak pernah menganggap bahwa kita dapat membuktikan kebenaran-kebenaran teori dari kebenaran pernyataan-pernyataan yang bersifat tunggal. Tidak pernah ia menganggap bahwa berkat kesimpulan-kesimpulan yang telah diverifikasikan, teori-teori dapat dilakukan sebagai benar atau bahkan hanya mungkin benar, contoh: jika penawaran besar, harga akan turun. Karena penawaran beras besar, harga beras akan turun.

Metode positivisme


Metode ini dikeluarkan oleh Auguste Comte (1798−1857). Metode ini berpangkal dari apa yang telah diketahui, yang faktual, yang positif. Ia mengenyampingkan segala uraian/persoalan di luar yang ada sebagai fakta. Oleh karena itu, ia menolak metafisika. Apa yang diketahui secara positif adalah segala yang tampak dan segala gejala. Dengan demikian, metode ini dalam bidang filsafat dan ilmu pengetahuan dibatasi pada bidang gejala-gejala saja.

Menurut Comte, perkembangan pemikiran manusia berlangsung dalam tiga tahap: teologis, metafisis, dan positif. Pada tahap teologis, orang berkeyakinan bahwa di balik segala sesuatu tersirat pernyataan kehendak khusus. Pada tahap metafisik, kekuatan adikodrati itu diubah menjadi kekuatan yang abstrak, yang kemudian dipersatukan dalam pengertian yang bersifat umum yang disebut alam dan dipandangnya sebagai asal dari segala gejala.

Pada tahap ini, usaha mencapai pengenalan yang mutlak, baik pengetahuan teologis ataupun metafisis dipandang tak berguna, menurutnya, tidaklah berguna melacak asal dan tujuan akhir seluruh alam; melacak hakikat yang sejati dari segala sesuatu. Yang penting adalah menemukan hukum-hukum kesamaan dan urutan yang terdapat pada fakta-fakta dengan pengamatan dan penggunaan akal.

Metode kontemplatif


Metode ini mengatakan adanya keterbatasan indra dan akal menusia untuk memperoleh pengetahuan sehingga objek yang dihasilkan pun akan berbeda-beda harusnya dikembangkan suatu kemampuan akal yang disebut dengan intuisi, pengetahuan yang diperoleh lewat intuisi ini bisa diperoleh dengan cara berkontemplasi seperti yang dilakukan oleh Al-Ghazali.

Intuitif yaitu pengetahuan yang datang dari Tuhan melalui pencerahan dan penyinaran, Al-Ghazali menerangkan bahwa pengetahuan intuisi atau ma’rifah yang disinarkan Allah secara langsung merupakan pengetahuan yang paling benar. Pengetahuan yang diperoleh lewat intuisi ini hanya bersifat individual dan tidak bisa dipergunakan untuk mencari keuntungan seperti ilmu pengetahuan yang dewasa ini bisa dikomersilkan.

Metode dialektis


Dalam filsafat, dialektika mula-mula berarti metode tanya jawab untuk mencapai kejernihan filsafat. Metode ini diajarkan oleh Socrates. Namun Plato mengartikan diskusi logika. Kini dialektika berarti tahap logika, yang mengajarkan kaidah-kaidah dan metode-metode penuturan, juga analisis sistematik tentang ide-ide untuk mencapai apa yang terkandung dalam pandangan.

Dalam kehidupan sehari-hari dialektika berarti kecakapan untuk melakukan perdebatan. Dalam teori pengetahuan ini merupakan bentuk pemikiran yang tidak tersusun dari satu pikiran, tetapi pemikiran itu seperti dalam percakapan, bertolak paling kurang dua kutub.

Hegel menggunakan metode dialektis untuk menjelaskan filsafatnya, lebih luas dari itu, menurut Hegel dalam realitas ini berlangsung dialektika. Dan dialektika di sini berarti mengompromikan hal-hal yang berlawanan seperti:

  • Diktator. Di sini manusia diatur dengan baik, tetapi mereka tidak punya kebebasan (tesis).

  • Keadaan di atas menampilkan lawannya, yaitu negara anarki (anti tesis) dan warga negara mempunyai kebebasan tanpa batas, tetapi hidup dalam kekacauan.

  • Tesis dan anti tesis ini disintetis, yaitu negara demokrasi. Dalam bentuk ini kebebasan warga negara dibatasi oleh undang-undang.

Jenis-jenis pengetahuan dapat dibedakan menjadi:

Pengetahuan ilmiah, yang memiliki beberapa ciri pengenal sebagai berikut:

  • berlaku umum,

  • mempunyai kedudukan mandiri,

  • mempunyai dasar pembenaran,

  • sistematik, dan

  • inter subjektif.

Pengetahuan nir ilmiah.
Dari jenis pengetahuan yang dibangun dapat dibedakan menjadi:

  1. Pengetahuan biasa ( ordinary knowledge, common sense knowledge ). Pengetahuan ini bersifat subjektif, artinya amat terikat pd subjek yangmengenal sehingga memiliki sifat selalu benar sejauh sarana untuk memperolehnya bersifat normal, tidak ada penyimpangan.

  2. Pengetahuan ilmiah, Pengetahuan yang telah menetapkan objek yang khas atau spesifik dengan menerapkan pendekatan metodologis yang khas. Kebenarannya bersifat relatif, karena selalu mendapatkan revisi dan diperkaya oleh hasil penemuan yang paling mutakhir. Dengan kata lain, kebenarannya selalu mengalami pembaharuan sesuai dengan hasil penelitian paling akhir dan mendapatkan persetujuan ( agreement ) oleh para ilmuwan di bidangnya.

  3. Pengetahuan filsafat, Pengetahuan yang pendekatannya melalui metodologi pemikiranfilsafati. Sifat pengetahuannya mendasar dan menyeluruh dengan modelpemikiran yang analitis, kritis, dan spekulatif. Sifat kebenarannya adalahabsolut inter-subjektif. Maksud absolut inter-subjektif adalah nilaikebenaran yang terkandung pada jenis pengetahuan filsafat selalumerupakan pendapat yang melekat pada pandangan seorang filsuf sertamendapat pembenaran dari filsuf kemudian yang menggunakan metodologi pemikiran yang sama.

  4. Pengetahuan agama, Pengetahuan yang didasarkan pada keyakinan dan ajaran agama tertentu. Sifat dari pengetahuan ini adalah dogmatis, artinya pernyataan dalam ayat-ayat kitab suci memiliki nilai kebenaran sesuai dengan keyakinan yang digunakan untuk memahaminya. Kandungan kebenaran maksud dari ayat dalam kitab suci bersifat absolut, meskipun dalam implikasi pemaknaannya mungkin berkembang secara dinamik sesuai dengan perkembangan waktu dan pemahaman orang yang memaknakannya. Karakteristik pengetahuan dapat dibedakan menjadi:

    • pengetahuan indrawi, yaitu pengetahuan yang didasarkan atas sense (indra) atau pengalaman manusia sehari-hari.

    • pengetahuan akal budi, yaitu pengetahuan yang didasarkan atas kekuatan rasio.

    • pengetahuan intuitif, yaitu pengetahuan yang memuat pemahaman secara cepat.

    • pengetahuan kepercayaan/pengetahuan otoritatif, yaitu pengetahuan yang dibangun atas dasar kredibilitas seorang tokoh atau sekelompok orang yang dianggap profesional dalam bidangnya.

Dengan memerhatikan definisi dan pengertian epistemologi, maka menjadi jelaslah bahwa metode ilmu ini adalah menggunakan akal dan rasio, karena untuk menjelaskan pokok-pokok bahasannya memerlukan analisa akal. Yang dimaksud metode akal di sini adalah meliputi seluruh analisis rasional dalam koridor ilmu-ilmu hushûlî dan ilmu hudhûrî. Dari dimensi lain, untuk menguraikan sumber kajian epistemologi dan perubahan yang terjadi di sepanjang sejarah juga menggunakan metode analisis sejarah.