Apa saja metode penilaian risiko yang dilakukan secara kualitatif?

Metode penilaian risiko secara kualitatif terkesan subjektif dan memberi peluang multiinterpretasi dan debat. Persepsi risiko bisa bervariasi untuk setiap orang. Apa saja metode penilaian risiko yang dilakukan secara kualitatif?

Beberapa metode penilaian risiko yang dilakukan secara kualitatif antara lain :

  • Analisis SWIFT
    Analisis SWIFT adalah versi sederhana dari HAZOP. SWIFT menerapkan pendekatan sistematis berbasis tim dalam lingkungan lokakarya, di mana tim menyelidiki bagaimana perubahan dari desain yang disetujui, atau rencana, dapat mempengaruhi proyek melalui serangkaian pertimbangan “Bagaimana jika”. Teknik ini sangat berguna dalam mengevaluasi kelayakan peluang risiko.

  • Analisis Pohon Keputusan
    Serupa dengan Analisis Pohon Kejadian, tetapi tanpa memberikan hasil kuantitatif sepenuhnya, Analisis Pohon Keputusan paling sering digunakan untuk membantu menentukan tindakan terbaik di mana pun ada ketidakpastian dalam hasil dari kemungkinan kejadian atau rencana yang diusulkan. Ini dilakukan dengan memulai dengan keputusan awal yang diusulkan dan memetakan jalur dan hasil yang berbeda sebagai akibat dari peristiwa yang terjadi dari keputusan awal. Setelah semua jalur dan hasil telah ditetapkan, dan probabilitas masing-masing dievaluasi, serangkaian tindakan dapat dipilih berdasarkan kombinasi hasil yang paling diinginkan, kejadian terkait dan kemungkinan keberhasilan.

  • Analisis Bow-tie
    Analisis Bow-tie adalah salah satu teknik paling praktis yang tersedia dalam membantu mengidentifikasi mitigasi risiko. Analisis Bow-tie dimulai dengan melihat peristiwa risiko dan kemudian memproyeksikan ini dalam dua arah. Kemudian dimungkinkan untuk mengidentifikasi dan menerapkan mitigasi (atau hambatan) untuk masing-masing penyebab dan konsekuensi secara terpisah, secara efektif mengurangi kemungkinan terjadinya risiko dan dampak selanjutnya, jika risiko masih terjadi.

  • Matriks Probabilitas / Konsekuensi
    Matriks Probabilitas / Konsekuensi telah menjadi metode standar dalam membangun keparahan risiko dalam Analisis Risiko Kualitatif. Matriks Risiko akan sering bervariasi, tetapi mereka semua pada dasarnya melakukan hal yang sama, dan itu adalah: Menyediakan sarana praktis peringkat keseluruhan keparahan risiko dengan mengalikan kemungkinan terjadinya risiko terhadap dampak risiko, haruskah itu masih terjadi. Melalui peringkat risiko risiko terhadap konsekuensi risiko, seseorang tidak hanya mampu menentukan tingkat keparahan keseluruhan dari risiko, tetapi juga menentukan penggerak utama dari keparahan risiko, baik itu kemungkinan atau konsekuensi. Informasi ini kemudian berguna dalam membantu mengidentifikasi mitigasi yang sesuai untuk mengelola risiko, berdasarkan pendorong utamanya.

Referensi

https://www.project-risk-manager.com/blog/qualitative-risk-techniques/