Apa saja metode-metode yang digunakan dalam analisis menurut PMBOK (2004)?

Analisis risiko kualitatif adalah teknik manajemen proyek yang berkaitan dengan menemukan probabilitas dari peristiwa risiko yang terjadi dan dampak risiko akan terjadi jika itu terjadi. Menurut PMBOK (2004) ada beberapa metode yang digunakan dalam analisis. Metode-metode tersebut antara lain?

Tujuan dari analisis risiko adalah menambah pemahaman lebih dalam tentang risiko agar dapat menekan konsekuensi-konsekuensi buruk dari dampak yang timbul dengan memperkirakan tingkat risiko yang mungkin terjadi. Risiko dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.

Menurut PMBOK Guide (2004) analisis risiko secara kualitatif adalah metode untuk melakukan prioritas terhadap daftar risiko yang telah terindentifikasi untuk penanganan selanjutnya. Analisis risiko secara kualitatif menguji prioritas dari daftar risiko yang terlah teridentifikasi dengan menggunakan peluang kejadian dan pengaruh pada kinerja proyek. Hasil analisis risiko secara kualitatif bisa dianalisa lebih lanjut dengan analisa risiko secara kuantitatif atau langsung ke rencana tindakan penanganan risiko (risk response planning).

Menurut PMBOK (2004) ada beberapa metode yang digunakan dalam analisis ini. Metode-metode tersebut antara lain:

  • Risk Probability and Impact Assessment
    Pada metode ini terdapat perkiraan kemungkinan risiko dan ada perkiraan kemungkinan dampak risiko. Teknik ini adalah investigasi kemungkinan dari masing-masing risiko yang spesifik akan terjadi seperti dampak potensial terhadap kinerja proyek seperti waktu, biaya, scope, dan kualitas termasuk dampak negatif dan positif. Peluang dan pengaruhnya diukur untuk masing-masing faktor-faktor risiko yang telah teridentifikasi. Risiko bisa diukur dengan melakukan wawancara atau bertanya kepada anggota tim proyek yang telah terseleksi berdasarkan pengalaman. Anggota tim proyek dan kemungkinan orang-orang yang mempunyai cukup pendidikan tentang risiko diluar team proyek dapat dilibatkan. Tingkat peluang dari masing-masing risiko dan dampaknya terhadap masing-masing kinerja proyek dievaluasi selama wawancara atau rapat.

  • Probability and Impact Matrix
    Dalam metode ini, risiko disusun berdasarkan skala prioritas. Dapat digunakan sebagai evaluasi dari tingkat pentingnya risiko dan untuk mengetahui prioritas yang harus diperhatikan terhadap risiko secara tipikal. Risiko bisa diprioritaskan untuk dianalisa lebih lanjut secara kuantitatif dan tindakan (response) berdasarkan ukuran (rating) risiko. Ukuran dilakukan terhadap risiko berdasarkan peluang dan dampaknya. Evaluasi risiko untuk tingkat kepentingan dan prioritas untuk diperhatikan adalah dengan menggunakan bantuan tabel seperti berikut:
    Untitled

  • Risk Data Quality Assessment
    Dalam metode ini, diperlukan data yang valid, akurat dan logis untuk menganalisis risiko secara kualitatif, sehingga hasil analisis dapat dipakai dalam proyek. Analisa risiko secara kualitatif menginginkan data yang akurat dan tidak bias. Analisa kualitas data risiko adalah teknik untuk mengevaluasi tingkat kegunaan data pada manajemen risiko. Seringkali pengumpulan informasi tentang risiko sangat sulit dan memakan banyak waktu dan sumberdaya diluar yang telah direncanakan.

  • Risk Catagorization
    Pada metode ini, dilakukan pengelompokkan risiko proyek berdasarkan sumber risiko, area yang terkena dampak atau lainnya. Dengan dilakukan pengelompokkan risiko berdasarkan kategori, dapat membantu dalam mengambil keputusan untuk menanggulangi risiko. Pengkategorian yang biasa digunakan yaitu metode RBS (Risk Breakdown Structure) Risiko proyek dapat dikategorikan berdasarkan sumber risiko, berdasarkan dampak risiko, atau berdasarkan pase (engineering procurement, dan constuction) untuk mengetahui area proyek yang terkena dampak ketidakpastian.

  • Risk Urgency Assessment
    Metode ini digunakan untuk menganalisis risiko berdasarkan tingkat kepentingannya. Sehingga dapat dilakukan penanganan yang cepat untuk risiko yang memerlukan penanganan cepat. Risiko membutuhkan tindakan dalam waktu dekat mungkin bisa dikategorikan sangat penting dan segera untuk dianalisa.

Referensi:
https://karyatulisilmiah.com/analisis-risiko-kualitatif/