Apa saja Media yang dapat digunakan CEO dalam Membangun Komunikasi dengan Konsumennya?

komunikasi pimpinan

Banyak perusahaan yang kini mencoba untuk lebih menjalin komunikasi dengan konsumennya. Dengan adanya media sosial telah mengubah konsumen dalam memandang sebuah merek. Bagi konsumen, merek bukan hanya sebagai nama produk yang mereka gunakan. Namun, sekarang ini konsumen juga mencoba untuk “berteman” dengan merek tersebut. Hal ini membuat CEO perlu lebih ramah menyapa konsumennya.

Lalu apa saja media yang dapat digunakan CEO untuk membangun hubungan yang akrab dengan konsumennya?

Add images

Tidak bisa dipungkiri jika CEO adalah “wajah” dari suatu merek. Menampilkan para CEO dengan citra yang lebih ramah dapat membuat konsumen lebih nyaman berkomunikasi dengan mereka. Salah satunya dengan adanya kehadiran media sosial dapat membuat para CEO lebih mudah berkomunikasi dengan konsumennya. Selain media sosial, juga terdapat beberapa media yang dapat dimanfaatkan oleh CEO untuk membangun komunikasi yang baik dengan konsumen.

Video

Video terbukti menjadi media terkuat untuk mengkomunikasikan sesuatu. Namun konten yang ditampilkan dalam video juga harus dipertimbangkan. Salah satu contohnya, tunjukkan keseharian atau rutinitas dari CEO. Ataupun membuat konten yang dapat memberikan kesempatan bagi konsumen untuk menyampaikan pendapat juga saran mereka terhadap merek produk atau jasa yang dimiliki CEO. Hal tersebut dapat menunjukkan sisi lain CEO, yang mempunyai kesan serius namun masih terlihat santai dan bersahabat dalam rutinitasnya.

Blog

images-7-1

Blog yang cenderung tidak berisik seperti media sosial, bisa menjadi media yang ideal untuk menghubungkan komunikasi antara CEO dan konsumen. Menulis blog dapat dijadikan wadah bagi CEO untuk berbagi pengalaman, passion, hobi, dan hal menarik lainnya kepada para konsumennya. Dengan media ini, CEO dapat menunjukkan sisi lainnya yang menunjukkan bahwa CEO tidak hanya menempatkan uang dan bisnis diatas segalanya.

Podcast

Podcast dapat dijadikan media komunikasi CEO dengan konsumen yang efektif. CEO dapat saling berkomunikasi dengan cara mengobrol bersama konsumennya. Materi obrolan dibuat santai tentang nilai-nilai merek produk dan jasa mereka dan bagaimana mengaitkan dengan isu-isu di masyarakat.

Komik

Komik merupakan cara unik untuk berkomunikasi dengan konsumen. Hal ini dapat dijadikan media efektif untuk menampilkan CEO dengan tampilan yang mudah dipahami oleh konsumen. Salah satu CEO yang memanfaatkan komik untuk berkomunikasi dengan konsumennya adalah CEO Starbucks, Howard Schultz.

Pada akhirnya media apapun yang dipilih untuk membangun komunikasi antara CEO dan konsumen, tergantung dari pesan yang disampaikan. Namun walaupun sudah dikemas sedemikian rupa, jika CEO tidak ingin membuka diri pada konsumennya, maka apapun media yang digunakan tidak akan memberikan pengaruh yang banyak.