Apa saja masalah psikologi yang menurut anda paling merepotkan dalam kehidupan sehari-hari anda ?

serba_serbi_psikologi

(renaldy sabdo jati purboningrat) #1

masalah psikologi

Hal-hal sepele dalam kehidupan kita sehari-hari mungkin juga diderita oleh orang lain. Apa saja masalah psikologi yang menurut anda paling merepotkan dalam kehidupan sehari-hari anda ?


(Athayya Salsabila Anandityo) #2

Menurut saya, masalah yang kerap kita hadapi dan bisa menjadi salah satu alasan terhambatnya aktivitas kita adalah,

1. Melawan rasa malas

Tak dapat dipungkiri, kita sebagai manusia pasti pernah merasakan malas. Bisa jadi karena kita jenuh, atau bosan akan rutinitas yang biasa kita lakukan sehari-hari. Oleh sebab itu penting untuk kita menemukan sesuatu hal-hal baru guna menghindari/melawan rasa malas kita.

2. Menunda-nunda pekerjaan

Dalam menjalani aktivitas, kita pasti tak jarang mendapatkan tugas yang harus dikerjakan. Tapi salah satu “penyakit” manusia adalah suka menunda pekerjaan. Apalagi deadline tugas kita masih dalam kurun waktu yang lama, kita cenderung menundanya sampai pada akhirnya kita kewalahan di hari mendekati deadline.

3. Jarang introspeksi diri

Kita sebagai manusia seringkali menilai orang lain, entah baik atau buruk. Hal tersebut kadang membuat kita lupa akan pentingnya berbenah diri/introspeksi diri. Apakah kita sudah lebih baik dari orang lain? Sehingga kita pantas menilai orang?

4. Sulit mengatur waktu

“Waktu adalah uang” tapi kita manusia masih seringkali membuang-buang waktu. Waktu yang sebenarnya bisa kita manfaatkan untuk hal-hal positif kadang kita salah gunakan. Seperti waktu yang bisa kita gunakan untuk menyelesaikan suatu kewajiban misalnya, malah kita gunakan untuk memenuhi keinginan kita. ya maka dari itu pentingnya kita membuat skala prioritas agar waktu kita tidak banyak terbuang sia-sia.

5. Kurang bersyukur

Kita sebagai manusia merupakan makhluk yang tidak akan pernah puas. Selalu menginginkan sesuatu. Oleh sebab itu mengapa kadang kita kurang bersyukur akan nikmat yang telah diberikan Allah. Terkadang kita manusia lupa, beribu-ribu kenikmatan yang sudah kita peroleh dari Allah, mulai dari hal kecil seperti, kita masih diberikan hidup sehat hari ini, masih diberi kemampuan untuk berdiri di tempat kita saat ini, dan lainnya. Jadi, apakah anda sudah bersyukur hari ini? :slight_smile:


(Athayya Salsabila Anandityo) #6

Mungkin saat akan memulai aktivitas saya, atau sedang dalam keadaan titik jenuh yg pasti tak jarang juga datangnya. atau saat akan mengerjakan tugas kemudian ada sesuatu hal yg mengalihkan perhatian saya sehingga timbul rasa malas saat akan menyelesaikan kewajiban saya. kenapa rasa malas itu dapat timbul? menurut saya semua manusia pasti pernah merasakan malas. salah satu faktor penyebabnya adalah kita jenuh akan keseharian kita dimana maksudnya kita membutuhkan hal yg baru untuk dinikmati. hal yg baru tersebut tentunya yg dapat menunjang aktivitas kita sehari-hari dan yang membuat kita tak lagi bosan akan keseharian kita :slight_smile: