Apa saja masalah kesehatan yang dihadapi negara Indonesia pada saat ini?

Negara Indonesia masih dilanda oleh masalah kesehatan yang tiap waktu semakin bertambah. Kira kira apa saja masalah kesahatan di Indonesia yang menyebabkan tingkat kesehatan di Indonesia masih tertinggal jauh dari negara negara Asia Tenggara lainnya.

Hasil riset yang dilakukan lembaga riset “The Indonesian Institute” mencatat, ada tiga hal besar yang masih menjadi persoalan dalam bidang kesehatan di Indonesia.

Yang pertama adalah masalah infrastruktur yang belum merata dan kurang memadai. Karena dari sekitar 9.599 puskesmas dan 2.184 rumah sakit yang ada di Indonesia, sebagian besarnya masih berpusat di kota-kota besar.

Persoalan kedua juga menyangkut masalah distribusi yang belum merata, khususnya tenaga kesehatan. “Beberapa daerah masih banyak yang kekurangan tenaga kesehatan, terutama untuk dokter spesialis. Memang sudah ada program ‘bidan masuk desa’, tapi kan mereka tidak menetap,” ujar dia.

Persoalan terakhir yang menjadi catatan “The Indonesian Institute” adalah soal pendanaan. Karena untuk tahun 2014, pemerintah hanya mengalokasikan 2,4 persen dana APBN untuk bidang kesehatan. Padahal Undang-undang Kesehatan Nomor 36/2009 mengamanatkan dana kesehatan sebesar 5 persen dari APBN.

Sumber : Masalah Kesehatan di Indonesia