Apa saja masalah kesehatan mengenai kucing sphynx?

kucing sphynx

Apakah kucing sphinx memiliki daya tahan tubuh yang baik atau rentan akan penyakit? Apa saja masalah kesehatan mengenai kucing sphynx ?

Kucing Sphynx memiliki usia harapan hidup antara 8 hingga 14 tahun. Kucing ini termasuk jenis ras yang sehat, lincah, dan kuat. Akan tetapi, ada beberapa masalah kesehatan yang dapat muncul karena ketiadaan bulu tebal yang menutupi tubuhnya.

Masalah kesehatan sering muncul pada anak kucing Sphynx yang baru lahir. Anak kucing Sphynx dapat terserang infeksi saluran pernapasan karena kedinginan, dan mereka memiliki sistem pencernaan yang sangat sensitif. Penyakit diare dapat muncul saat anak kucing ini diberi obat-obatan atau mengonsumsi makanan dengan kadar protein kurang dari 80 persen. Selain itu, penyakit diare juga terkadang muncul saat kucing Sphynx pindah ke rumah baru atau diadopsi oleh pemilik baru.

Pada kucing Sphynx dewasa, masalah penyakit yang kadang muncul adalah urticaria pigmentosa, yaitu sejenis penyakit yang menimbulkan bercak-bercak gelap pada kulit dan sangat gatal. Selain itu, Sphynx dewasa juga rentan terhadap penyakit hypertrophic cardiomyopathy, yaitu sejenis penyakit jantung yang diwariskan oleh nenek moyang ras ini. Oleh karena itu, pemberian imunisasi secara teratur dan menjaga makanan yang dikonsumsi kucing Sphynx adalah hal yang wajib Anda lakukan.