Apa saja manfaat yang dirasakan dalam melakukan investasi TI?

teknologi informasi

Di era sekarang ini, terdapat manajemen investasi TI, baik di dunia pendidikan maupun di pemerintahan. sebutkan apa saja manfaat yang dirasakan dalam melakukan manajemen investasi TI tersebut ?

Manfaat yang dirasakan dalam melakukan investasi TI pada perusahaan di bidang jasa sebagai berikut :

  • Mempertahankan market share
    Market share adalah kemampuan perusahaan menguasai pasar. Dengan parameter kunci kesuksesan kinerja para eksekutif (misal : direktur, kepala – kepala bagian). Market share ini dapat dipakai sebagai kekuatan bersaing bagi perusahaan.

  • Menghindari kerugian yang lebih besar
    Investasi dalam TI dianggap sukses apabila dapat mencegah kerugian yang sangat besar, seperti : kecurangan atau kelalaian keamanan.

  • Menciptakan fleksibilitas dan adaptabilitas yang lebih tinggi.
    TI merupakan elemen penting dalam infrastruktur perusahaan yang memungkinkan perusahaan tetap bertahan meskipun terjadi perubahan lingkungan sangat cepat.

  • Meningkatkan responsifitas produk baru.
    TI penting bagi perusahaan jasa untuk memelihara atau mengurangi biaya dengan cara membuka beberapa cabang usaha di daerah lain atau memperkenalkan produk baru. Dengan usaha yang tersebar luas dan beragamnya produk yang ditawarkan, maka TI mempunyai peranan penting dalam memberikan informasi yang cepat untuk menangani seluruh kegiatan

  • Meningkatkan kualitas pelayanan.
    Menciptakan pelayanan yang baik kepada pelanggan adalah faktor yang sangat kritis selain itu, TI juga memegang peranan penting dalam meningkatkan kepercayaan (seperti perusahaan pengiriman barang) , menjamin mutu produk yang konsisten (seperti pada perusahaan fast food), meminimalkan kesalahan (pada bank) dan mengurangi interaksi antara personil dengan pelanggan (retail check out). Keuntungan yang dapat diperoleh adalah meningkatnya kesetiaan pelanggan dan menurunkan biaya pemasaran.

  • Meningkatkan kualitas semangat kerja
    TI membantu mengurangi beban kerja yang berat, membuat pekerjaan lebih menarik (sekretaris), siklus pelatihan lebih pendek (pilot pesawat), dan meningkatkan moral (pekerja rumah sakit). Profesional tidak dapat memperlihatkan kualitas personil yang top atau memecahkan problem yang rumit di lapangan tanpa dibantu TI.

  • Meningkatkan prediktabilitas dari operasi.
    TI merupakan alat penting yang dapat dipergunakan untuk memprediksi penjualan. Mengendalikan persediaan, semisal tanpa TI makanan fast food seperti McDonald tidak dapat beroperasi dengan “on call” sistem pekerja part time.

Referensi :
Grace T. Pontoh. Jurnal Bisnis dan Teknologi Edisi I tahun III “Investasi Teknologi Informasi”
Quinn, J “How to evaluate research results” dalam Quinn, James Brian dan Martin Neil Baily, 1994 “Information technology: increasing productivity in services.” Academy of Management Excecutive, vol. 8 no. 3. Hal. 28-51.

Di era teknologi informasi yang semakin berkembang dan kian mendominasi kehidupan sehari – hari, hal tersebut semakin mendorong manusia untuk terus dapat memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut agar dapat lebih bermanfaat . Teknologi yang ada saat ini pun telah banyak digunakan oleh pendidikan untuk mendukung proses aktifitas pembelajaran yang efektif yang menggunakan salah satunya adalah computer dan internet.

Perkembangan teknologi informasi dapat dirasakan manfaatnya bagi peningkatan kinerja pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Seperti guru dan pengurus sekolah tidak lagi disibukkan oleh pekerjaan operasional, dan seperti itu dapat di gantikan oleh penggunaan computer.

Manfaat dan kemudahan dalam melakukan investasi TI dalam bidang pendidikan yaitu :

  1. Informasi yang di butuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
  2. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembangan dengan adanya inovasi seperti e-learning yang memudahkan proses pendidikan.
  3. Kemajuan teknologi informasi juga akan memungkinkan berkembangnya kelas berbasis teleconference atau kegiatan yang tidak mengharuskan para peserta didik berada pada dalam satu ruangan.
  4. System administrasi akan lebih mudah dan lancar akibat penerapan sistem teknologi infrmasi.

Referensi :

http://www.eko-indrajit.com/styled/downloads/

https://drive.google.com/file/d/0B7kSFJ_a6dc-M1lpakl1VElwNzA/view

Manfaat Investasi Teknologi Informasi dalam Kegiatan Manajemen untuk Suatu Perusahaan

Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer (perangkat keras atau perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebar luaskan suatu informasi. Tekonologi informasi memiliki bagian-bagian yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak dalam mendukung dan meningkatkan kualitas informasi untuk setiap lapisan masyarakat secara cepat dan berkualitas.

Manajemen adalah kegiatan atau proses yang bertujuan untuk mengarahkan, merencanakan, dan mengendalikan semua sumber daya yang ada dalam suatu organisasi agar mencapai tujuan organisasi tersebut yang telah disepakati bersama.

Dari uraian di atas, terdapat berbagai manfaat dari Investasi Teknologi Informasi dalam kegiatan manajemen bagi suatu perusahaan, maupun diantaranya untuk para pelajar yang tertarik akan studi tentang manajemen, diantaranya :

  • Sistem penyampaian informasi dalam suatu organisasi lebih terasa efektif dan efisien.

  • Memacu diri untuk belajar dan memiliki keahlian dan keterampilan baru terutama dalam bidang teknologi.

  • Membantu menangani masalah beban cost (seperti kertas untuk surat, koran, atau majalah).

  • Produktivitas pekerja pada suatu organisasi meningkat.

  • Pengetauhuan yang terus bertambah terutama dalam bidang teknologi dikarenakan teknologi itu sendiri yang setiap saatnya mengalami pembaharuan.

Seiring dengan perkembangan zaman, setiap orang yang menggunakan atau bekerja dalam bidang teknologi informasi dituntut untuk flexible dan selalu mengikuti perubahan atau pembaharuan yang ada.

Referensi:
Weill, Peter dan Margrethe H. Olson. 1989 “Managing investmentin information technology: mini case examples and implications.” MIS Quarterly (Maret), hal 3 - 17.

Apa saja manfaat yang dirasakan dalam melakukan investasi TI?

Teknologi informasi adalah konsep sains yang memberikan terobosan dalam memberikan solusi yang baik untuk menyelesaikan suatu masalah. Manfaat paling nyata teknologi dalam bisnis kecil adalah peningkatan produktivitas dan menjadikan biaya pengeluaran lebih rendah . Selain itu Teknologi infomasi juga memiliki kelebihan yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan / organisasi antara lain :

  • Meningkatkan penjualan
    dengan memanfaatkan teknologi informasi yang memahami perilaku pelanggan untuk melalukan penghematan biaya dan dapat mengurangi dari jam kerja dari staf

  • Melakukan perencanaan sumber daya
    Melakukan perencanaan yang lebih baik melalui teknologi informasi keuangan yang dapat memberikan informasi yang terperinci, akurat, dan tepat waktu.

  • Kecepatan dan Waktu
    Usaha kecil menjadi lebih cepat dan gesit saat bersaing dengan bisnis yang lebih besar. Selain itu, usaha kecil bisa merespons perubahan lebih cepat daripada bisnis besar.

  • Penyimpanan yang Lebih Mudah
    Teknologi menghilangkan kebutuhan akan sistem entri ganda atau triple dan mengurangi kebutuhan untuk mengajukan sejumlah besar dokumen. Sekarang, kontrak dan informasi pelanggan dapat disimpan di gudang data virtual dan diakses dalam hitungan menit, yang mengurangi kebutuhan untuk membeli atau menyewakan ruang penyimpanan.

  • Peningkatan Informasi
    Teknologi informasi memungkinkan, baik tertulis atau disiarkan, untuk dibagikan lebih cepat dan dengan sumber daya yang lebih sedikit. Pemasaran usaha anda bisa dilakukan dengan menempatkan iklan yang menjangkau jutaan pembeli di Internet atau melalui situs jejaring sosial.

  • Otomatisasi
    Teknologi memungkinkan usaha kecil mengotomatisasi fungsi tertentu yang secara historis di butuhkan untuk mempekerjakan seorang karyawan. Misalnya, fungsi pembukuan sekarang bisa ditangani oleh aplikasi perangkat lunak seperti Quicken dan Quickbooks. Fungsi penjualan otomatis melalui situs manajemen kontak seperti SalesForce. Hal ini memberi kemampuan kepada pemilik usaha kecil untuk berfokus pada strategi dan mengurangi biaya tenaga kerja.

  • Rasa aman
    Banyak organisasi menjadi takut dengan masalah keamanan. Para pekerja membutuhkan alat yang dapat memberikan respon yang cepat dan alat yang murah agar pekerjaan mereka menjadi lebih efektif dan mereka tidak perlu kahwatir masalah keamanan saat meninggal pekerjaan mereka Karena dengan Solusi tersebut pekerja dapat mengakses lebih mudah dan aman pekerjaan mereka melalui intranet perusahaan . Hal ini memungkinkan setiap pekerja dapat mengaksesnya pekerjaan mereka diberbagai tempat antara lain : di jalan atau di rumah.

Sumber