Apa saja manfaat workout ? dan jenis workout apa yang biasa kalian lakukan?


Pandemi mengharuskan kita olahraga dirumah.APa saja jenis workout yang kalian lakukan saat dirumah saja dan apa saja manfaatnya?

workout memiliki banyak manfaat , terutama manfaat untuk kesehatan tubuh dan membuat tubuh selalu bugar dan mencegah berbagai penyakit. workout yang dapat dilakukan dirumah antara lain :

  • skipping
  • pull up
  • sit up
  • push up
  • squat

Menurut aku setiap gerakan workout pasti punya manfaatnya sendiri-sendiri, tapi secara keseluruhan tujuan melakukan workout diantaranya adalah menjaga kebugaran tubuh, meningkatkan kesehatan serta memperkuat tulang dan otot, mampu meningkatkan energy, mampu mengurangi resiko terkena penyakit, dan masih banyak lagi.
Workout yang biasa aku lakuin di rumah adalah squat, sit-up, reverse crunch, lying leg raises, knee ups, bicycle crunches, knee rolls, bridges, donkey kick, fire hydrant, wall push up, dll.

Tentu saja manfaat workout ini banyak sekali ya. Saya sendiri juga merasakan manfaat workout, walaupun saya hanya melakukan workout kecil-kecil di rumah saja, tetapi tetap merasakan manfaat dari workout yang saya lakukan. Dilansir dari alodokter, workout memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan mental. Workout bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap bugar dan kuat, menjaga berat badan ideal, mencegah penyakit jantung dan stroke, dan berbagai manfaat lainnya. Untuk kesehatan mental, workout bermanfaat untuk memberikan rasa bahagia, mengatasi stres, membuat tidur lebih nyenyak, dan berbagai manfaat lainnya.

Saya sendiri merasakan manfaat dari workout. Sejak pandemi Covid-19 hadir di Indonesia, saya malah menjadi rajin untuk berolahraga. Workout yang saya lakukan, seperti bersepeda di sepeda statis, jalan dan lari di treadmill, squat, skipping, senam, dan berbagai jenis workout lainnya. Saya yang dulu jarang sekali untuk workout, sekarang malah ketagihan untuk workout. Biasanya saya berolahraga pada pagi hari atau sore hari. Apabila lama tidak melakukan workout maka akan terasa kurang.

Referensi

Beragam Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Fisik dan Mental - Alodokter

Benar sekali, di masa pandemi ini sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh agar tetap stabil dan sehat. Saya termasuk orang yang suka banget dengan olahraga sejak kecil. Karena pandemi ini mengharuskan saya untuk berkegiatan didalam rumah, akhirnya saya memilih untuk workout.

Jenis workout yang saya lakukan sesuai dengan kondisi tubuh dan kebutuhan saya sebenernya. Jika saya lagi banyak pikiran dan butuh ketenangan juga, maka saya akan melakukan yoga. Dengan tambahan scented candle yang aromanya saya suka. Nah, berbeda jika memang dalam hari-hari tersebut saya kurang gerak, dan butuh pengeluaran keringatyang lebih, biasanya saya ambil kelas yang agak energik seperti high stepping, squat, pushup, plank, dan kombinasi workout lainnya.

Untuk gerakan dan timeline kebutuhan, saya mendownload beberapa aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan saya biasanya.
Yuk semangat bergerak! :relaxed:

Workout termasuk salah satu kegiatan yang paling aku suka karena sangat ampuh untuk melepas penat di masa pandemi ini. Yang paling sering aku lakuin di rumah itu angkat beban, lari dan tinju. Favoritku angkat beban karena sangat ampuh untuk bentuk otot! Banyak banget manfaat workout yang pastinya sangat baik untuk kesehatan seperti menguatkan fungsi tubuh, jantung, paru-paru, fungsi otak, menambah massa otot dan masih banyak lagi. Selain itu, workout juga membawa dampak positif bagi mental kita seperti mengurangi stres, meningkatkan suasana hati dan juga membuat tidur kita lebih nyenyak.

Referensi

The Biggest Mental and Physical Benefits of Working Out | Shape
The Mental Health Benefits of Exercise - HelpGuide.org

workout yang saya sering lakukan ndak terlalu banyak tapi yang sering cuma pull-up, push up dan sit up. Untuk jumlahnya jarang saya hitung, cuma sampai secapeknya aja kemudian ganti gaya yang lain. Selama saya melakukan workuout ini rata-rata saya menghabiskan waktu setengah jam kadang lebih, ndak terlalu lama, tapi yang penting bagaimana kita bisa konsisten melakukannya setiap hari. Dan juga saya tidak terlalu fokus ingin membangun otot sebelah mana, tapi yang penting membuat tubuh gerak saja sudah senang.

Jika membahas manfaat dari workoout ini sudah bisa dipastikan sangat banyak mafaatnya, dan aku pribadi sudah merasaakan manfaat dari workout. Selain menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan kesehatan, banyak dari gerakan-gerakan workout ini yang dapat membentuk otot dan memperkuat tulang bahkan ada banyak tips untuk membentuk tubuh dari gerakan-gerakanworkout ini.

Adapun gerakan workout yang biasa aku lakukan dirumah diantaranya sit-up, push-up, squat, jumping jack, skiping, plank, dan exercise setiap bangun tidur. dan yang kurasakan dari kebiasaan workout selama ini jadi tidak mudah sakit, mood yang dapat dikontrol, dan bonusnya memiliki bb ideal hehe

Manfaat workout tentu cukup banyak. Porsi workout yang cukup secara umum dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Bagi saya pribadi karena saya masih underweight saya harus melakukan olahraga yang bertujuan untuk bulking. Untuk itu, yang biasa saya lakukan adalah:

  1. Squat
  2. Bench Press
  3. Plank
  4. Pull Up
  5. Dan masih banyak lagi.

Tentunya saya melakukan gerakan tersebut tergantung otot mana yang ingin saya kuatkan, ketika hendak menaikkan masa otot punggung. Tentunya ada olahraga tersendiri. Dan jangan lupa harus diimbangi dengan nutrisi makan yang cukup

Referensi:
The Ultimate Skinny Guy's Guide to Bulking Up Fast | Nerd Fitness

Seperti yang kita ketahui bahwa adanya kondisi pandemi Covid-19 ini mengharuskan kita untuk membatasi berbagai kegiatan yang dilakukan di luar rumah dengan tujuan untuk memutus penularan virus Covid-19 di berbagai negara. Maka dari itu, pemerintah memberikan arahan kepada masyarakat untuk menjaga prokes (protocol kesehatan) dimanapun berada, kemudian tidak keluar rumah jika memang tidak ada keperluan mendesak. Sehingga hal ini membuat pembatasan pergerakan manusia di seluruh dunia- penjarakan fisik, bekerja, hingga sekolah daring dari rumah. Selain itu, untuk menghindari penulaan virus Covid-19 juga dapat mengkonsumsi makanan sehat, mengkonsumsi suplemen, dan juga melakukan aktivitas fisik seperti workout atau olahraga.

Menurut Setyaningrum (2020), olahraga memiliki banyak manfaat yang diantaranya seperti peningkatan sensitivitas insulin, peningkatan fungsi kognitif, peningkatan respon terhadap stress psikososial, serta pencegahan depresi. Dengan demikian, manfaat-manfaat tersebut sangat penting khususnya di masa pandemic Covid-19 ini. Tidak hanya itu, melakukan olahraga secara rutin juga bermanfaat dalam memperbaiki kualitas tidur pada usia menengah dan dewasa tua, melindungi tubuh melawan Covid-19 dengan cara meningkatkan elemen-elemen imunitas tertentu.

WHO (World Health Organization) merekomendasikan latihan fisik selama 150-300 menit dengan intensitas sedang atau 75-150 menit dengan intensitas berat, atau kombinasi diantara keduanya per minggu. Olahraga ini juga dapat dilakukan di rumah meskipun tanpa bantuan alat. Selama pandemi ini muncul, aku pribadi membiasakan diri untuk melakukan workout setiap harinya dalam waktu 15-30 menit. Namun, jika memang tidak memiliki banyak waktu luang karena banyaknya tugas kuliah, maka aku sempatkan untuk workout satu kali dalam seminggu dalam waktu kurang lebih 15 menit. Semenjak aku membiasakan diri untuk workout, banyak sekali manfaat yang aku peroleh seperti merasa lebih sehat, ga mudah lelah, menstruasi rutin setiap bulannya, dan mengurangi depresi. Adapun jenis workout yang biasa aku lakukan adalah jenis ABS workout yang mana ini bermanfaat untuk membantu terbentuknya otot perut sehingga membuat tubuh memiliki postur yang lebih baik.

Sumber

Setyoningrum, Dyah Ayu Woro. 2020. Pentingnya Olahraga Selama Pandemi Covid-19. 3(4): 166-168

1 Like

Manfaat workout tentu sangat banyak. Dengan workout seseorang tentu mendapat mafaaat berupa memperkuat masa otot, meningkat fleksibilitas tubuh, meningkatkan kedisiplinan diri, mengurangi dari tekanan stres yang tentu menyehatkan psikis dan lain sebagainya.

saya biasanya 30 menit setiap pagi melakukan berbagai macam workkout yang dapat dilakukan dari rumah diantaranya:

  • Push up

  • Sit up

  • Plank

  • Squat

  • Cardio