Apa saja Manfaat Timun untuk Mata?

manfaat timun

Timun adalah bahan makanan yang biasa digemari oleh sebgian orang, namun siap sangka timun bermanfaat untuk kecantikan, salah satunya untuk mata. Apa manfaatnya?

image

Berikut adalah daftar manfaat timun untuk mata:

Menghilangkan mata panda
Mata panda adalah istilah umum yang sering digunakan untuk menyebut lingkaran hitam yang muncul di sekeliling mata karena begadang atau kurang tidur. Selain itu, mata panda juga bisa muncul karena keadaan diri yang sedang stres. Untuk mengatasi mata panda, orang sering menggunakan kompres atau masker khusus untuk mata. Namun ternyata, ada cara yang lebih praktis dan mudah untuk mengatasi mata panda loh. Anda bisa menggunakan timun dengan cara yang praktis.

Lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Siapkan satu buah timun berukuran sedang yang masih segar dan berwarna hijau, pisau yang steril, talenan atau papan alas mengiris.
  • Cuci bersih timun yang akan digunakan, tidak perlu dikupas.
  • Iris timun tipis sebanyak 2 potongan.
  • Tempelkan pada mata, usahakan untuk mengambil posisi berbaring dan memejamkan mata.
  • Diamkan selama 10 menit.
  • Angkat irisan timun dari mata anda.
  • Ulangi perawatan tersebut secara rutin setiap hari hingga mata panda anda perlahan berkurang dan menghilang pada akhirnya.

Mengatasi mata lelah atau kantung mata
Mata kita bisa juga mengalami lelah karena terlalu padat dan banyaknya aktivitas yang kita lalui selama satu hari penuh. Hal ini bisa ditandai dengan munculnya kantung di bawah mata yang akan mengganggu. Mata lelah bisa disebabkan oleh kegiatan yang memerlukan waktu lama di depan layar komputer atau monitor. Ponsel pun juga bisa menyebabkan mata lelah ketika anda terlalu lama menggunakannya. Tidak hanya karena pekerjaan, mata anda bisa merasa lelah ketika anda menonton film, televisi, atau juga bermain game. Mata lelah jika tidak diatasi akan menyebabkan gangguan mata lainnya yang lebih parah. Untuk mengatasi mata lelah, anda bisa menggunakan timun. Caranya, sama dengan cara yang diterapkan dalam perawatan untuk mengatasi mata panda.

Mengatasi mata sembab atau bengkak
Mata juga bisa mengalami pembengkakan atau sembab ketika seseorang menangis atau terlalu sering dikucek. Mata yang sembab dapat menyebabkan berkurangnya rasa percaya diri anda. Untuk mengatasi mata sembab, anda bisa menggunakan timun. Caranya juga sama dengan cara yang telah dijelaskan di atas.

sumber:

Inilah manfaat mentimun sebagai masker mata, mengutip laman Boldsky

  1. Mengurangi bengkak pada mata
    Mentimun mengandung asam askorbat yang mengurangi retensi air di mata. Potong irisan mentimun dan dinginkan selama beberapa menit. Letakkan di atas mata secara rutin untuk mengurangi pembengkakan pada mata.

  2. Mencegah iritasi pada mata
    Mentimun dapat menjadi penyelamat saat Anda digigit serangga atau alergi terhadap suatu produk. Mentimun mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan untuk mencegah iritasi pada mata. Kompres mata dengan kapas yang direndam dalam jus mentimun untuk mengobatinya.

  3. Mencegah keriput di bawah mata
    Keriput dan tanda penuaan lainnya merupakan permasalahan serius pada wajah wanita. Vitamin E dan potasium dalam mentimun dapat digunakan sebagai perawatan untuk menunda penuaan, mengurangi keriput dan noda hitam.

Sumber: