Apa saja manfaat tidur yang cukup?


Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia, menurut kalian apa saja manfaat tidur yang cukup bagi kesehatan fisik maupun psikis seseorang?

Tidur yang cukup sangat berperan penting bagi tingkat konsentrasi seseorang. Dengan tidur yang cukup menurutku konsentrasi menjadi makin fokus dan bersemangat. Selain itu, peran tidur yang cukup sangat baik bagi kesehatan karena memberi kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat dan mengembalikan stamina tubuh. Tubuh menjadi tidak lesu dan siap untuk beraktivitas kembali.

Berikut ini adalah manfaat yang bisa didapatkan jika cukup istirahat, yakni durasi tidur sekitar 7-8 jam per harinya:

  1. Memperkuat sistem imun
    Fakta ini telah dibuktikan dalam berbagai penelitian, salah satunya riset yang diterbitkan pada The Journal of Experimental Medicine. Dalam riset tersebut, para peneliti telah membuktikan berbagai manfaat istirahat yang cukup, salah satunya mampu memperbaiki sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi penyakit.

  2. Menjaga berat badan tetap ideal
    Jika kurang tidur, produksi hormon ghrelin akan meningkat. Hormon ini bertugas untuk meningkatkan rasa lapar agar kita makan dan tubuh tidak kekurangan energi. Sementara hormon leptin, yang menekan rasa lapar akan menurun produksinya. Itu artinya, kurang tidur bisa membuat makan lebih banyak, terutama pada makanan tinggi kalori. Jadi, dengan istirahat yang cukup, dapat menjaga berat badan tetap ideal.

  3. Menjaga kesehatan mental
    Tidak cukup tidur bisa membuat bangun tidur dengan suasana hati yang buruk, akan mudah tersinggung dan cepat marah, dimana dapat meningkatkan risiko gangguan suasana hati seperti depresi. Kurang tidur juga cenderung membuat berpikir negatif dan hal ini juga bisa meningkatkan risiko gangguan kecemasan jika terjadi dalam jangka panjang. Oleh karena itulah, sangat penting untuk istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan mental.

  4. Menurunkan risiko penyakit kronis
    Tidak hanya mencegah penyakit mental, tidur cukup juga menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit-penyakit jantung, karena kekurangan tidur dapat meningkatkan detak jantung, menaikkan tekanan darah, dan meningkatkan bahan kimia tertentu yang menyebabkan peradangan, ini membuat jantung bekerja sangat keras dalam memompa darah dan pada akhirnya kesehatan jantung akan memburuk. Jadi tidurlah yang cukup agar meringankan kerja jantung.

src

• Hello Sehat

manfaat tidur cukup menurut saya yaitu:
  • Pertumbuhan badan
    Istirahat dan tidur juga membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang sehat. Tidur yang nyenyak memicu tubuh melepaskan hormon yang mendukung pertumbuhan normal pada anak-anak dan remaja. Hormon tersebut juga membantu memperbaiki sel-sel dan jaringan, serta meningkatkan massa otot pada anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Selain itu, istirahat dan tidur juga memegang peranan dalam pubertas dan kesuburan.

  • Menjaga berat badan
    Tahukah Anda jika kurang tidur ternyata juga bisa meningkatkan risiko obesitas pada remaja dan kelompok usia lainnya? Tidur memengaruhi tubuh dalam memroses dan menyimpan karbohidrat. Caranya dengan menjaga hormon yang membuat kita merasa lapar (ghrelin) atau kenyang (leptin) tetap seimbang. Jika kita tidak cukup tidur, hormon ghrelin akan naik sedangkan hormon leptin akan turun. Akibatnya, kita pun akan merasa kelaparan. Itulah alasannya cukup tidur bisa menjadi salah satu cara melangsingkan tubuh yang alami.

  • Tetap aktif di siang hari
    Istirahat dan tidur yang cukup dan berkualitas membuat kita tetap aktif sepanjang hari. Kurang tidur hanya satu atau dua jam per malam saja sudah membuat tubuh kita seolah-olah tidak tidur sama sekali selama satu atau dua hari. Orang yang kekurangan tidur cenderung menjadi kurang produktif di sekolah atau tempat kerja. Mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan tugas, bereaksi lebih lambat alias ‘lemot’, dan membuat lebih banyak kesalahan.

  • Kehidupan seks terjamin
    Menurut sebagian kecil peserta yang mengikuti jajak pendapat yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, terlalu lelah membuat kehidupan seksual mereka menjadi berantakan. Bahkan, gangguan istirahat dan tidur diduga terkait dengan rendahnya kadar testosteron pada pria. Istirahat dan tidur yang cukup juga bisa menjadi salah satu cara mengentalkan sperma.

  • Terhindar dari kecelakaan atau cedera
    Menurut seorang profesor psikologi, lelah akibat kurang istirahat dan tidur meningkatkan risiko kita mengalami berbagai cedera, atau kecelakaan rumah tangga. Misalnya teriris pisau, jatuh dari tangga, kecelakaan kendaraan (baik darat, laut, maupun udara). Bahkan dapat menyebabkan kecelakaan tragis dalam skala yang lebih besar seperti kebocoran reaktor nuklir, kecelakaan penerbangan, kecelakaan kerja, dan lain sebagainya.

  • Meningkatkan suasana hati
    Kurang istirahat dan tidur dapat membuat kita menjadi cepat marah, tidak sabar, sulit berkonsentrasi, murung, stres, dan depresi. Terlalu sedikit tidur juga dapat membuat kita terlalu lelah melakukan hal-hal yang diinginkan.

  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
    Menurut penelitian terhadap 150 orang, tidur tujuh jam atau kurang dari tujuh jam dalam sehari diduga membuat tubuh kita lebih rentan terserang sakit.

  • Mempertajam ingatan
    Kurang istirahat dan tidur diduga bisa membuat kita cepat pikun. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa ketika tidur, otak bagian hipokampus akan memproses, memperkuat, dan menggabungkan ingatan kita dari sepanjang hari. Jika kurang tidur, ingatan-ingatan tersebut tidak bisa disimpan dengan benar dalam otak dan bisa hilang.

Source

https://www.alodokter.com/9-manfaat-istirahat-dan-tidur-yang-cukup

Istirahat dan tidur yang cukup sangat memengaruhi kesehatan, berat badan, mood, dan dalam menjalani aktivitas kita sehari-hari. Istirahat dan tidur berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Jam tidur yang kurang dapat meningkatkan risiko penyakit.

Pola tidur yang dijalani sebagian besar orang adalah tidur selama beberapa jam dalam satu waktu tertentu. Namun sebagian orang mengabaikan pola ini dan memiliki kebiasaan tidur di mana saja yang tidak teratur dan memengaruhi pengaturan hidup sehari-hari. Berikut panduan jatah tidur sesuai dengan usia :

  • Usia 0-1 bulan: bayi yang usianya baru 2 bulan umumnya membutuhkan waktu tidur 14-18 jam sehari.

  • Usia 1-18 bulan: pada usia ini bayi membutuhkan waktu tidur 12-14 jam sehari termasuk tidur siang. Tidur cukup akan membuat tubuh dan otak bayi berkembang baik dan normal.

  • Usia 3-6 tahun: kebutuhan tidur yang sehat di usia anak menjelang masuk sekolah ini, mereka membutuhkan waktu untuk istirahat tidur 11-13 jam, termasuk tidur siang. Menurut penelitian, anak usia di bawah enam tahun yang kurang tidur, akan cenderung obesitas di kemudian hari.

  • Usia 6-12 tahun: Anak usia sekolah ini memerlukan waktu tidur 10 jam. Menurut penelitian, anak yang tidak memiliki waktu cukup istirahat, dapat menyebabkan mereka menjadi hiperaktif, tidak konsentrasi belajar, dan memiliki masalah pada perilaku di sekolah.

  • Usia 12-18 tahun: menjelang remaja sampai remaja kebutuhan tidur yang sehat adalah 8-9 jam. Studi menunjukkan bahwa remaja yang kurang tidur, lebih rentan terkena depresi, tidak fokus dan punya nilai sekolah yang buruk.

  • Usia 18-40 tahun: orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7-8 jam setiap hari. Para dokter menyarankan bagi mereka yang ingin hidup sehat untuk menerapkan aturan ini pada kehidupannya.

Sumber

Omeo, 2016. Memetik Manfaat Tidur

1 Like

Manfaat dari tidur yang berkualitas

  1. Menurunkan resiko terjadinya cedera
    Memiliki tidur yang cukup dan berkualitas akan meningkatkan konsentrasi tubuh ketika akan melakukan aktifitas. Hal tersebut akan dapat menurunkan resiko terjadinya cedera.
  2. Memperbaiki suasana hati
    Kurang tidur dapat mempengaruhi kondisi emosional seseorang. Kondisi emosional yang tidak stabil dapat menyebabkan menangis atau tertawa yang tidak terkendali.
  3. Mengontrol berat badan
    Pernahkah Anda bekerja hingga larut malam dan merasa ingin makan terus menerus? Tahukah Anda bahwa tubuh memiliki hormon leptin yang memiliki fungsi untuk mengontrol rasa kenyang. Tidur yang kurang cukup dan tidak berkualitas dapat menyebabkan penurunan kadar hormon leptin pada tubuh. Hal ini yang menyebabkan tubuh akan mudah mengalami lapar.
  4. Meningkatkan daya pikir
    Kurang tidur dapat mempengaruhi daya pikir, konsentrasi dan kemampuan untuk mengambil keputusan.
  5. Meningkatkan daya ingat
    Menurut penelitian menunjukkan bahwa ketika tidur, otak akan memproses dan memperkuat ingatan.
  6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sumber

Khavari (2000) menyampaikan bahwa tidur yang baik adalah kunci tercapainya perasaan nyaman dan bahagia.
Kualitas tidur juga berpengaruh pada kondisi suasana hati seseorang, ketika kualitas tidur baik maka semakin tinggi suasana hati yang positif (bahagia, husnudzon, semangat, dll) (Tama, 2005)

Terdapat beberapa fungsi dari tidur diantaranya, :

  1. Sebagai waktu pemulihan dan pertumbuhan. Pada saat individu tertidur pasokan darah ke otak menjadi lebih lancar. Selain itu, sekresi hormon pertumbuhan oleh kelenjar pituitari (kelenjar yang mengatur pertumbuhan, metabolisme, pematangan) mencapai puncak. Pada saat tidur tubuh akan memperbaiki diri, karena saat tidur banyak sel menunjukkan peningkatan produksi protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sel dan perbaikan kerusakan dari stres dan sinar ultraviolet (Philips & Gelula,
    2006).

  2. Meniingkatkan kekebalan tubuh dari infeksi dan virus. Senyawa protein-karbohidrat pengatur sistem kekebalan meningkat. Selain itu juga terjadinya kematian sel tumor meningkat.

  3. Penyimpanan dan retensi daya ingat.

  4. Organisasi dan reorganisasi ingatan. Saat tertidur maka kemampuan organisasi pada memory LTm dan STM berjalan dengan baik.

  5. Memperoleh pengetahuan baru. Hal ini menurut islam dapat diperoleh dari mimpi.

  6. Menenangkan hati. Tidur adalah kondisi yang menenangkan, dimana fisik dan psikis untuk beristirahat. Dalam kondisi tidur akan memberikan ketenangan dan ketentraman bagi individu.

Menurut saya sendiri tidur juga sebagai bagian dari waktu untuk merelaksasikan pikiran dan suasana hati. Biasanya saya ketika dalam suasan hati kurang baik saya memilih untuk tidur dengan hrapan mendapatkan ketenangan sehingga dalam perilaku menghadapi masalah dapat dilakukan dengan sebagaimana mestinya.

Tidur merupakan suatu hal dasar yang sangat penting bagi tubuh untuk beristirahat, terutama ketika kita telah menghabiskan banyak waktu dalam beraktivitas yang menguras banyak energi. Tubuh manusia dapat diumpamakan seperti mesin yang mana jika dihidupkan terus menerus nantinya akan panas. Oleh karena itu, mesin perlu dimatikan terlebih dahulu atau diistirahatkan sehingga nanti dapat dinyalakan kembali dengan kondisi yang lebih baik. Begitupun sama halnya dengan tubuh manusia, yang memerlukan istirahat atau melakukan tidur. Menurut Widhiyanti, et al., (2017), tidur berguna untuk memperbaiki dan menyiapkan energi yang akan dipergunakan setelah periode istirahat. Sehingga jika kita kekurangan waktu jam untuk tidur, maka dapat merugikan karena akan menurunkan daya tahan tubuh seseorang.

Berikut adalah beberapa manfaat yang diperoleh ketika tidur yang cukup:

  1. Terhindar dari diabetes
    Istirahat yang cukup dapat memperbaiki insulin atau hormone yang mengatur kadar gula darah (glukosa) dalam tubuh kita. Sehingga, dengan istirahat yang cukup, kadar gula darah otomatis akan normal dan hal itu akan menghindari kita dari penyakit diabetes.
  2. Baik untuk pertumbuhan badan
    Tidur sangat bermanfaat bagi pertumbuhan badan khususnya pada anak-anak dan remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan. Saat tidur, tubuh kita melepaskan hormone yang membantu memperbaiki jaringan serta sel-sel dalam tubuh. Selain itu, hormone tersebut juga membantu dalam membentuk masa otot dan mendukung kinerja otak.
  3. Mencegah penyakit jantung
    Saat tidur, setiap organ tubuh bekerja aktif dalam memperbaharui jaringan serta sel-sel yang kelelahan. Hal ini termasuk jaringan serta sel-sel yang memompa darah ke jantung. Hormone-hormon yang dikeluarkan ketika tidur dapat membantu melancarkan peredaran darah dan menurunkan resiko penyumbatan.
  4. Menjaga kesegaran otak di siang hari
    Kualitas tidur yang baik mampu menjaga badan dan mental tetap aktif sepanjang hari. Menurut National Sleep Foundation, mengurangi jam beristirahat sebanyak 1-2 jam efek sampingnya sama dengan tidak tidur selama 2 hari.
  5. Menjaga emosi tetap stabil
    Seseorang yang kurang tidur cukup akan lebih mudah marah, tersinggung, bahkan menangis karena emosi yang bergejolak. Ini disebabkan oleh jaringan, organ, dan sel-sel tubuh yang belum diperbaharui, menyebabkan badan terasa capai dan lemas.
Sumber

Widhiyanti, K.A.Tri. Ariawati, N.W. Ari Rusitayanti, N.W. 2017. Pemberian Back Massage Durasi 60 Menit Dan 30 Menit Meningkatkan Kualitas Tidur Padamahasiswa Vi A Penjaskesrek Fpok Ikip Pgri Bali Semester Genap Tahun 2016/2017. 3(1): 9-18

10 Manfaat Tidur dan Beristirahat yang Cukup untuk Kesehatan. Catat!

Tidur merupakan salah satu kegiatan sehari-hari yang sudah pasti dilakukan semua orang setiap hari. Tidur merupakan suatu aktivitas yang dapat memberikan pengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental secara menyeluruh. Tidur berpengaruh terhadap produktivitas, kestabilan emosi, kesehatan otak, menjaga kesehatan jantung, fungsi imun tubuh, kreativitas, vitalitas, hingga menjaga berat badan stabil. Sebagai tambahan ketika kita memiliki waktu tidur yang cukup itu bagus untuk kesehatan kulit.

Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia dalam hidup. Dan dewasa ini, banyak sekali orang-orang yang semakin ia bertambah usia, maka semakin sedikit juga waktu tidurnya. Padahal, tua ataupun muda semua membutuhkan kualitas tidur cukup yang sama karena manfaatnya pun tidak mengenal usia.

Beberapa manfaat dari tidur yang cukup dan berkualitas:

  • Bisa memaksimalkan problem solving skill
  • Meningkatkan ingatan
  • Bisa meningkatkan athletic dan physical performance
  • Mengurangi resiko sakit jantung dan stroke
  • Meningkatkan imun dan menghindari demam dan meriang
  • Bisa meningkatkan kualitas sosial skill
  • Dan meningkatkan kemampuan untuk mengenali emosi dari orang-orang

Reminder, tidur yang cukup adalah dalam kurun waktu 7-8 jam perhari nya.
Maka dari itu, apa yang akan kita dapatkan jika menerapkan kebiasaan tidur dengan waktu yang cukup:

  1. Istirahat dan tidur berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Jam tidur yang kurang diduga meningkatkan risiko penyakit ginjal, jantung, stroke, tekanan darah tinggi, detak jantung tidak teratur, hormon stres naik, dan diabetes.

  2. Istirahat dan tidur juga membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang sehat. Tidur yang nyenyak memicu tubuh melepaskan hormon yang mendukung pertumbuhan normal pada anak-anak dan remaja. Hormon tersebut juga membantu memperbaiki sel-sel dan jaringan, serta meningkatkan massa otot pada anak-anak, remaja, dan orang dewasa.

  3. Menurut penelitian terhadap 150 orang, tidur tujuh jam atau kurang dari tujuh jam dalam sehari diduga membuat tubuh kita lebih rentan terserang sakit.

  4. Tidur yang cukup juga dapat membantu meningkatkan suasana hati? Tidur yang cukup meningkatkan energi, sehingga saat bangun keesokan paginya, kamu merasa segar dan mendapat kekuatan baru. Saat kondisi seperti ini, kamu tidak akan mudah terganggu oleh hal-hal kecil. Dengan begitu, kamu akan lebih bahagia dan menebarkan energi positif dalam berkegiatan. Hal ini tentu saja tidak hanya berdampak pada dirimu, tetapi juga orang sekitar.

Dalam jurnal yang saya baca, bahwa fungsi dan tujuan tidur diyakini
dapat digunakan untuk menjaga keseimbangan mental, emosional, kesehatan,
mengurangi stres pada paru, kardiovaskular, endoktrin, dan lain-lain. Energi
disimpan selama tidur, sehingga dapat diarahkan kembali pada fungsi seluler
yang penting. Secara umum terdapat dua efek fisiologis dari tidur: pertama,
efek pada sistem saraf yang diperkirakan dapat memulihkan kepekaan normal
dan keseimbangan di antara berbagai susunan saraf; dan kedua, efek pada
struktur tubuh dengan memulihkan kesegaran dan fungsi dalam organ tubuh
karena selama tidur terjadi penurunan. Hidayat (2006 :126)

Tidur yang cukup sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Manusia menghabiskan sekita 5-8 jam waktu beristirahat setiap harinya. Ini adalah waktu untuk sel dan organ-organ tubuh untuk memperbaharui kesehatan fisik dan mental kita. Itulah mengapa kita merasa lebih segar seusai mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Manfaat tidur bagi kesehatan :

  • Memperkuat imun
  • Terhindar dari diabetes
  • Tubuh lebih sehat
  • Baik untuk pertumbuhan badan
  • Mencegah penyakit jantung
  • Menurunkan risiko obesitas
  • Menjaga kesegaran otak di siang hari
  • Menjaga emosi tetap stabil
  • Mempertajam ingatan
  • Meningkatkan mood

Tips agar tidur nyenyak

  • Hindari makan berat dan minum kopi sebelum tidur
  • Hindari menggunakan perangkat elektronik sebelum tidur
  • Batasi waktu tidur siang, jangan terlalu lama
  • Menghindari merokok
Sumber

Manfaat Tidur

Efek Samping Kurang Tidur

  1. Pusing, Susah Konsentrasi dan Gangguan Memori
  2. Muka Pucat dan lingkaran hitam di bawah mata
  3. Pola Makan tidak teratur
  4. Daya Tahan Menurun
  5. Mudah Mengantuk

Bagaimana Cara Mengurangi Resiko Bahaya Begadang:

  1. Perbanyak Minum Air Putih
  2. Hindari Makanan Berminyak dan Cepat Saji
  3. Konsumsi Vitamin dan Biji Nabati
  4. Olahraga Sore
  5. Mandi Air Hangat di Pagi Hari

Dari sumber yang saya baca, ada berbagai manfaat yang dapat diperoleh saat kita mendapatkan waktu tidur yang cukup, seperti berikut:

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Saat tidur, sistem kekebalan tubuh akan mengeluarkan senyawa yang disebut dengan sitokin. Senyawa ini memiliki efek perlindungan terhadap sistem kekebalan tubuh. Nah, sistem kekebalan tubuh penting untuk melawan peradangan dan infeksi. Jika tidak cukup tidur, Anda mungkin tidak memiliki cukup sitokin untuk menghalangi tubuh dari penyakit.
  2. Mengendalikan nafsu makan
    Saat Anda tidur di malam hari, kebutuhan kalori akan berkurang karena minimnya pergerakan. Hal inilah yang membuat kebutuhan energi menjadi menurun. Namun, saat Anda kurang tidur, organ otak akan menurunkan kadar leptin, yaitu hormon yang menciptakan rasa kenyang. Akibatnya, Anda menjadi mudah lapar. Kemudian, Anda akan dipacu untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh sehingga pada akhirnya memutuskan untuk makan lebih banyak. Hal ini dapat menyebabkan berat badan semakin susah untuk Anda kendalikan.
  3. Meningkatkan kesehatan jantung
    Menurut SCL Health, mendapatkan tidur yang cukup dapat membantu Anda untuk menghindari berbagai risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi maupun serangan jantung. Pasalnya, saat Anda tidak mendapatkan waktu beristirahat yang memadai, tubuh akan melepaskan hormon kortisol, yaitu hormon stres yang membuat jantung bekerja lebih keras. Sama halnya dengan sistem imun tubuh, organ jantung juga perlu beristirahat agar bisa berfungsi dengan baik dan maksimal. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu tidur yang cukup setiap malam.
  4. Meningkatkan suasana hati
    Tahukah Anda tidur yang cukup juga dapat membantu meningkatkan suasana hati? Ya, beristirahat sesuai kebutuhan memang dapat membuat Anda lebih segar dan bahagia. Apalagi, tidur yang cukup meningkatkan energi, sehingga saat bangun keesokan paginya, Anda merasa berenergi. Saat kondisi seperti ini, Anda tidak akan mudah terganggu oleh hal-hal kecil. Dengan begitu, Anda akan lebih bahagia dan menebarkan energi positif dalam berkegiatan. Hal ini tentu saja tidak hanya berdampak pada diri Anda, tetapi juga orang sekitar.
  5. Meningkatkan daya ingat
    Memperoleh waktu tidur yang cukup dapat memperkuat daya ingat Anda. Jika dilakukan setelah belajar, dapat membantu meningkatkan memori atau ingatan. Jadi, jika tidak cukup, Anda akan cenderung mudah lupa terhadap hal-hal yang pernah Anda lewati sebelumnya. Tidur selama tujuh hingga delapan jam dapat membuat Anda mengalami semua tahap tidur. Dua fase tidur, yaitu fase REM dan slow wave sleep dapat melancarkan proses mengingat dan berpikir kreatif.
  6. Memperpanjang usia
    Terlalu banyak atau kurang tidur ternyata berkaitan dengan harapan hidup seseorang, meskipun hal ini juga bisa dipengaruhi oleh berbagai hal seperti penyakit. Namun, setidaknya lama dan kualitas tidur cukup berperan dalam memperpanjang umur Anda. Semakin sedikit waktu tidur Anda, semakin besar risiko mengalami kematian dini.
Summary

6 Manfaat Tidur yang Cukup Bagi Kesehatan Tubuh • Hello Sehat

Berdasarkan pengalamanku, tidur yang cukup mampu menjaga konsentrasi saat bekerja. Aku pernah memiliki jam tidur yang berantakan selama seminggu penuh, alhasil aku jadi sulit berkonsentrasi pada pagi harinya karena terus menguap, menahan kantuk, dan merasa pusing. Di minggu-minggu selanjutnya, aku mencoba untuk mengatur jam tidur agar punya waktu istirahat yang cukup. Alhasil, badanku menjadi bugar, pikiran lebih fresh saat bekerja, dan tentu saja konsentrasi jauh lebih terjaga.