Apa saja manfaat teknologi informasi pada bisnis perbankan?

Dalam perbankan pastinya membutuhkan suatu teknologi informasi agar dapat menjangkau banyak nasabah yang tersebar.Dalam penggunaan teknologi informasi tersebut pastinya mempunyai manfaat dalam penggunaaya.

Saat ini perbankan merupakan salah satu industry yang sangat penting untuk digunakan oleh umat manusia.Karena berbagai kemudahan dan manfaat yang diberikan oleh sector ini.Seiring berkembangnya zaman dan pesatnya kemajuan teknologi informasi turut mendorong produktivitas dalam dunia perbankan.Namun dalam kemajuan teknologi tersebut tentunya memiliki dampak positif dan negatifnya.

Manfaat kemajuan teknologi informasi dalam dunia perbankan :

  1. Uang Elektronik
    Uang elektronik (atau uang digital) adalah uang yang digunakan dalam transaksi Internet dengan cara elektronik. Biasanya, transaksi ini melibatkan penggunaan jaringan computer (seperti internet dan sistem penyimpanan harga digital). Electronic Funds Transfer (EFT) adalah sebuah contoh uang elektronik. Uang elektronik merupakan bidang yang menarik dalam kriptografi,penggunaan uang digital sampai sekarang masih dalam skala-kecil.

  2. ATM
    ATM (Automatic Teller Machine) di Indonesia juga kadang merupakan singkatan bagi Anjungan Tunai Mandiri adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang “teller” manusia. Banyak ATM juga mengijinkan penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli perangko. ATM. Adalah Mesin Teller Otomatis.Dengan adanya ATM sekarang ini setiap transaksi akan semakin mudah hanya dengan pergi ke mesin ATM terdekat.

  3. Mobile Banking.
    Saat ini mobile banking /m-banking merupakan salah satu layanan bank yang banyak diminati oleh para nasabah karena layanan ini membuat nasabah suatu bank mampu melakukan transaksi perbankan serta melihat informasi tentang rekeningnya hanya melalui Smartphone. Nasabah hanya perlu mendownload aplikasi Mobile Banking dari masing-masing bank yang ada.Kemudahan dari Mobile Banking itu sendiri yaitu nasabah tidak perlu pergi kemanapun untuk melakukan transaksi.Yang terpenting adalah Smartphone anda terhubung dengan koneksi internet.Dan anda tidak perlu khawatir dengan keamanan data anda karena setiap transaksi yang anda lakukan data anda akan terenkripsi secara otomatis oleh aplikasi tersebut.

Dampak negative kemajuan teknologi informasi dalam dunia perbankan yaitu banyak sekali kasus yang terjadi seperti misalnya membuat kartu ATM palsu, tentunya menggunakan beberapa trik dengan bantuan alat atau teknologi untuk meretas data si nasabah pengguna ATM asli. Selain itu, yang paling parahnya adalah tejadinya perampokan yang dilakukan oleh perampok terhadap Bank.

Sumber : https://www.business.qld.gov.au/running-business/protecting-business/risk-management/it-risk-management/defined

Memang benar bahwa perbankan merupakan salah satu industri yang sangat penting dari sejak zaman dahulu hingga seterusnya. karena sangat penting inilah yang membuat berbagai perbankan lebih fokus pada keamananya karena nasabah pasti akan memilih tempat yang aman untuk menyimpan uangnya. sehingga keamanan menjadi prioritas utama dalam dunia perbankan.

Seiring berjalannya waktu, berbagai macam permintaan dari nasabah mulai bermunculan, salah satunya adalah transaksi. transaksi yang dilakukan oleh nasabah jika dilakukan secara manual akan lama serta rawan dicuri ketika proses transaksi berlangsung. namun dengan adanya teknologi suatu transaksi dapat dilakukan dengan cepat, mudah dan aman. dengan tiga kelebihan inilah yang dapat mempercepat perputaran roda ekonomi suatu negara. untuk lebih jelasnya silakan simak video berikut :

Selain meningkatkan keamanan dalam transaksi, teknologi juga membantu perbankan dalam meminimalisir kesalahan dalam penghitungan jumlah uang yang disimpan. bayangkan saja apabila tidak menggunakan teknoogi, pasti akan banyak kekeliruan dalam penghitunan uang yang masuk dan keluar. ha ini karena manusia memiliki keterbatasan dalam segala hal. maka dari itu pemanfaatan teknologi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produktifitas suatu usaha.

[sumber]

Semakin majunya perkembangan teknologi, semakin maju juga dunia perbankan. Di era yang semakin maju ini tentunya perbankan membutuhkan yang namanya teknologi infomasi. Perbankan membutuhkan teknologi informasi karena ingin memperluas jaringan nasabah dan kemudahan dalam melakukan transaksi baik antar nasabah atau nasabah dengan pihak perbankan sendiri.

image

Di dalam dunia perbankan, perkembangan teknologi informasi sangat berpengaruh. Dengan dipengaruhinya hal tersebut tentunya membutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni dalam memahami komponen teknologi informasi seperti perangkat keras atau perangkat lunak komputer.

Kebutuhan akan tenaga kerja yang berbasis teknologi informasi masih terus meningkat. Hal ini terlihat dengan banyaknya jenis pekerjaan yang memerlukan kemampuan di bidang teknologi informasi. Tenaga yang dibutuhkan juga semakin bertambah. Ini menjadi peluang bagi para ahli IT.