Apa saja manfaat tanaman geranium?

geranium

Tanaman geranium tumbuh merumpun dan memiliki banyak anakan. Daunnya hijau, berbentuk menyerupai jangkar dan tepinya bergerigi. Batangnya banyak mengandung air. Tanaman perdu ini akan mengeluarkan bau wangi yang khas (agak langu) ketika daunnya digoyang atau tertiup angin. Bau tersebut berasal dari kandungan zat geraniol dan sitronelol yang bersifat antiseptik yang dapat mengusir nyamuk. Selain itu, apa saja manfaat dari tanaman geranium?

2 Likes

Selain sebagai pengusir nyamuk, manfaat lain dari tanaman geranium yaitu:

  1. Teh daun geranium untuk mengobati penyakit
    Tidak hanya stres, teh yang terbuat dari daun geranium juga dapat digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit, diantaranya adalah sebagai obat anti radang, obat nyeri sendi dan otot, obat sakit kepala serta menyembuhkan sakit akibat luka. Hal ini dikarenakan daun geranium mengandung zat analgesik. Menurut sebuah penelitian, khasiatnya dapat bisa dirasakan tidak lama setelah meminumnya. Selain itu, teh daun geranium juga baik untuk kesehatan ginjal. Kandungannya ampuh menstimulasi sistem urin, mengurangi kadar garam dan juga lemak. Pencernaan pun akan terjaga karena adanya kandungan antibakterial di dalam teh daun geranium yang mampu mengurangi jumlah bakteri jahat di dalam usus.

  2. Mempercepat pembekuan darah
    Minyak dari tanaman geranium dapat digunakan untuk mempercepat pembekuan darah ketika kulit terluka. Hal itu dikarenakan geranium memiliki sifat hemostatik yang mampu mempercepat pembekuan darah sehingga dapat menghentikan atau memperlambat aliran darah yang keluar akibat luka. Sifat anti bakterialnya juga mampu mencegah infeksi pada area kulit yang terluka.

Referensi:
Kania Dekoruma.com

Daun geranium (Geranium homeanum)memiliki bentuk yang indah dan memiliki aroma yang cukup harum sehingga sering digunakan sebagai tanaman hias. Aroma menyengat yang dikeluarkan oleh daun Geranium berasal dari geraniol dan sitronelol yang tidak disukai oleh serangga dan juga berpotensi untuk membunuh bakteri, maka daun geranium biasanya dijadika n bahan baku pembuatan sabun. Selain itu, geraniol dar daun geranium biasanya diaplikasikan untuk pembuatan kosmetik dan lotion sebagai penolak nyamuk. Sejak dahulu, daun geranium, sering dimanfaatkan untuk obat tradisional, untuk rematik, bakterisida, fungisida dan sebagai antibiotik umum dalam menghambat penyakit menular.

Referensi : 2017. Rahmawati F, Bintang M, dan Atrika I