Apa saja manfaat semangka bagi kesehatan ?

Semangka merupakan makanan yang menyegarkan dan mengenakan, biasa digunakan di hajatan, sebagai makanan penutup dan juga sebagai pencuci mulut. Apasih manfaat dari buah yang menyegarkan ini ?

Manfaat buah semangka merah untuk kesehatan tubuh, diantaranya :
Mengontrol tekanan darah tinggi

Semangka dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi . Kalium, magnesium dan asam amino dalam buah semangka secara bersamaan dapat menjaga kesehatan pembuluh darah dan menangkal sclerosis, yang pada gilirannya memastikan aliran darah menjadi lancar.

Semangka juga membantu menjaga elektrolit dan asam-basa saldo yang tepat dalam tubuh yang membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Menurut sebuah studi oleh fakultas Florida State University yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension menjelaskan bahwa semangka dapat secara signifikan mengurangi tekanan darah pada individu yang kelebihan berat badan, baik pada saat istirahat atau juga di bawah tekanan stres. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, minum satu gelas semangka jus setiap hari untuk menjaga tekanan darah Anda di bawah kontrol.

Mengurangi lemak berlebih
Semangka merupakan buah yang rendah kalori dan tidak mengandung lemak atau kolesterol, semua ini dapat menjadi bantuan penurunan berat badan. Salah satu komponen penting dalam semangka yang membantu penurunan berat badan adalah senyawa yang disebut citrulline. Senyawa citrulline ini memetabolisme ke arginin asam amino esensial yang membantu mengurangi tingkat di mana tubuh menyimpan lemak dan meningkatkan fungsi kardiovaskular, menurut sebuah studi 2007 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition.

Menjaga tubuh tetap terhidrasi
Seperti yang telah disinggung diatas, buah semangka mengandung 90 % air dan membantu mengisi cairan tubuh serta mengembalikan elektrolit yang pada akhirnya dapat menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

Buah ini juga berisi rehidrasi garam kalsium penting, magnesium, kalium dan natrium – yang membantu menghidrasi tubuh dan kulit dan mengurangi kemungkinan dehidrasi. Sebuah studi 2009 di University of Aberdeen Medical School menemukan bahwa kombinasi dari garam, mineral dan gula alami dalam semangka dan buah-buahan yang kaya air lainnya dan sayuran tertentu benar-benar dapat menghidrasi tubuh lebih baik daripada air. Selama musim panas, ada baiknya Anda meminum satu hingga dua gelas jus semangka setiap hari untuk tetap terhidrasi dengan baik.

Meningkatkan kesehatan mata
Semangka sangat baik untuk mata Anda. Menjadi sumber yang sangat baik dari beta-karoten yang diubah dalam tubuh menjadi vitamin A, semangka membantu menjaga kesehatan mata. Vitamin A bersama dengan lycopene membantu menghasilkan pigmen di retina mata dan memberikan perlindungan terhadap degenerasi makula, rabun senja dan masalah mata terkait usia lainnya. Juga buah semangka memiliki vitamin C, lutein dan zeaxanthin yang penting untuk menjaga mata Anda sehat dan bebas dari berbagai jenis infeksi.

Menjaga kesehatan ginjal
Menjadi diuretik alami, semangka sangat bermanfaat untuk ginjal Anda. Ini membantu tubuh membuang racun berbahaya, memurnikan hati, merangsang fungsi ginjal dan mengurangi asam urat dalam darah.

Semangka membantu amonia proses hati, jenis produk limbah dari pencernaan protein, yang memudahkan ketegangan pada ginjal sementara menyingkirkan kelebihan cairan. Hal ini juga dapat meringankan pembengkakan dan peradangan ginjal sampai batas tertentu dan mengurangi risiko pengembangan batu ginjal. Jika sekiranya Anda memproduksi urine kurang dari normal atau mengalami kesulitan kencing, Anda dapat makan semangka atau minum jus semangka untuk membantu membuat cukup urine untuk menghilangkan limbah dari tubuh.

Meningkatkan suasana hati
Semangka juga dapat meningkatkan mood Anda. Karena buah semangka sendiri memiliki kandungan tinggi vitamin B6, sebuah nutrisi penting dalam sintesis neurotransmitter yang bertanggung jawab untuk menenangkan suasana hati.
Sementara itu, kandungan vitamin C tinggi pada buah semangka ini diketahui dapat melindungi tubuh terhadap radikal bebas. Kerusakan radikal bebas berkontribusi terhadap penurunan kognitif, mudah marah dan depresi. Semangka juga membantu menyeimbangkan hormon yang dapat mempengaruhi suasana hati Anda ketika keluar dari keseimbangan. Dengan mengkonsumsi beberapa iris buah semangkan setiap hari buah, Anda dapat mengangkat suasana hati Anda, mengurangi stres, dan memerangi depresi dan kecemasan.

Menjaga jantung tetap sehat
Mengkonsumsi semangka juga meningkatkan kondisi jantung Anda. Semangka mengandung jumlah yang baik dari potassium yang membantu mengatasi penyakit jantung dan menjaga jantung Anda sehat. Penelitian baru-baru ini menjelaskan bahwa mengkonsumsi buah semangka dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan menghentikan penumpukan kolesterol berbahaya.
Hal ini juga berisi asam amino citrulline dan arginin yang membantu menjaga arteri, aliran darah dan fungsi kardiovaskular secara keseluruhan. Sebuah studi dari Purdue University dan University of Kentucky yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biochemistry juga menemukan bahwa citrulline hadir dalam buah ini meningkatkan kesehatan jantung.
Buah semangka juga diketahui memiliki lycopene, beta-karoten dan vitamin C yang membantu mengurangi kolesterol dan mencegah berbagai masalah jantung. Untuk menjaga kesehatan jantung, mengikuti diet kaya antioksidan dan rendah lemak dan kolesterol. Semangka memenuhi semua kebutuhan tersebut.

Melawan kanker
Benarkah ? Konsumsi rutin semangka bahkan dapat memerangi kanker. Semangka adalah salah satu sumber makanan terbaik dari lycopene, antioksidan yang baik bagi pencegahan dan pengobatan berbagai jenis kanker.
Lycopene telah banyak dipelajari untuk antioksidan dan sifat pencegah kanker. Berbeda dengan banyak fitonutrien makanan lain (yang efeknya hanya telah dipelajari pada hewan), likopen telah dipelajari secara ekstensif pada manusia dan ditemukan untuk menjadi pelindung terhadap prostat, paru-paru, kolorektal, endometrium, dan kanker payudara. Disamping itu, buah semangka juga mengandung vitamin C dan A yang berperan aktif dalam melindungi sel dari kerusakan radikal bebas, pada gilirannya membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

Meningkatkan energi
Satu porsi per hari dari semangka telah terbukti dapat meningkatkan tingkat energi hingga 23 persen. Ini adalah sumber yang kaya vitamin B6 dan B1. Tubuh menggunakan vitamin B6 untuk mensintesis merasa dopamin yang baik. Hal ini juga mengandung magnesium yang membantu bentuk adenosine triphosphate, fungsi yang bahan bakar selular untuk menjaga tingkat energi Anda tinggi sepanjang hari. Plus, ia memiliki kalium, vitamin C dan beta-karoten, yang semuanya penguat energi alami.

Kaya antioksidan
Semangka merupakan gudang antioksidan kuat yang membantu Anda tetap sehat dan bebas dari berbagai penyakit. Ini adalah sumber yang sangat baik dari vitamin C dan flavonoid seperti lycopene, beta-karoten, lutein, zeaxanthin dan cryptoxanthin. Antioksidan ini melindungi tubuh Anda terhadap radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan, rheumatoid arthritis, osteoarthritis, asma, stroke dan serangan jantung.
Semangka juga dapat meminimalkan kerusakan kulit dari sinar ultraviolet (UV) sinar matahari dan melindungi kulit Anda dari berbagai polutan udara berbahaya dan beracun. Ini dapat memiliki dampak besar dalam mencegah penuaan dini. Juga, vitamin C hadir dalam semangka membantu memperkuat kekebalan untuk melindungi tubuh Anda dari alergi musiman dan infeksi umum. Untuk memaksimalkan manfaat antioksidan semangka, pastikan untuk memilih semangka matang dan memakannya segar.

Mencegah diabetes
Penderita diabetes, yang seharusnya memiliki energi yang rendah dan diet rendah gula, sering mengeluh tentang kelaparan karena mereka tidak bisa makan dengan benar. Semangka bisa menjadi suplemen yang baik untuk mereka. Meskipun ada rasa manis, irisan tebal buah semangka akan memberikan kalori sangat sedikit, karena sembilan puluh sembilan persen dari berat total terdiri dari air dan serat.
Selain itu, berbagai vitamin dan mineral seperti kalium dan magnesium membantu dalam berfungsinya insulin dalam tubuh, sehingga menurunkan tingkat gula darah . Arginine, komponen lain yang ditemukan di semangka, sangat efektif untuk meningkatkan dampak insulin pada gula darah. pasien diabetes juga dapat memiliki kari, steak, dan salad yang terbuat dari rinds air melon, yang bahkan lebih rendah gula.

Referensi