Apa saja manfaat Sagu sebagai MPASI untuk Bayi ?


Dilansir Hellosehat.com, dr. Priya Bharma, seorang Kepala Ahli Nutrisi di Sri Balaji Action Medical Institute, New Delhi, mengatakan, sagu adalah sumber protein, Vitamin K, nutrisi logam seperti kalsium dan zat besi yang diperlukan bagi seorang bayi untuk tumbuh. Yang pertama memainkan peran penting dalam pertumbuhan, nutrisi, dan penyembuhan otot, sedangkan sisanya bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan dan fleksibilitas tulang. Itu sebabnya, memilih sagu sebagai MPASI untuk bayi Anda bisa menjadi pilihan terbaik. Apa saja manfaat Sagu sebagai MPASI untuk Bayi ?

Sagu adalah pati yang diambil dari batang pohon sagu. Sekilas sagu memang memiliki kesamaan dengan tapioka dari mulai tampilan, rasa dan teksturnya. Meski begitu, sagu dan tapioka jelas berbeda.

dr. Priya Bharma, seorang Kepala Ahli Nutrisi di Sri Balaji Action Medical Institute, New Delhi, mengatakan, sagu adalah sumber protein, Vitamin K, nutrisi logam seperti kalsium dan zat besi yang diperlukan bagi seorang bayi untuk tumbuh. Yang pertama memainkan peran penting dalam pertumbuhan, nutrisi, dan penyembuhan otot, sedangkan sisanya bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan dan fleksibilitas tulang. Itu sebabnya, memilih sagu sebagai MPASI untuk bayi Anda bisa menjadi pilihan terbaik.

Berikut ini beberapa manfaat sagu untuk bayi yang harus Anda ketahui.

1. Melancarkan pencernaan
Bagi bayi sangat perlu mendapatkan asupan makanan yang mudah ditelan dan dicerna. Nah, salah satu manfaat menggunakan sagu sebagai MPASI adalah kemampuannya untuk menyembuhkan gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, dan perut kembung yang umumnya terjadi saat bayi memasuki tahun pertama usianya.

2. Kaya kalsium
Sagu mengandung kalsium, zat besi, kalium, dan vitamin K yang sangat dibutuhkan bayi dalam untuk untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang yang sehat. Selain itu, sagu juga bisa bermanfaat untuk memberi kalsium kepada balita yang telah berhenti menyusui atau mereka yang tidak suka minum susu.

3. Sumber energi
Sagu merupakan sumber karbohidrat yang baik. Pasalnya, sagu mengandung banyak pati yang dikemas dengan karbohidrat yang tepat sehingga akan membantu si kecil lebih berenergi sepanjang hari. Jadi jangan heran jika kandungan karbohidrat ini juga memungkinkan sagu menjadi makanan pokok di beberapa wilayah di dunia.

4. Membantu kenaikan berat badan
Jika si kecil memiliki masalah berat badan, yang mana terlalu kurus dibandingkan dengan bayi lain seusianya, memberikan sagu sebagai MPASI bisa jadi salah satu solusi. Pasalnya, sagu mengandung karbohidrat sehat yang tinggi sehingga bisa membantu menaikan berat badan bayi Anda dengan cepat. Selain harganya yang sangat terjangkau, sagu pun cukup mudah dimasak. Itu sebabnya sagu lebih baik dari kebanyakan suplemen yang tersedia di pasaran.

5. Menjaga suhu tubuh bayi agar tetap sejuk
Menurut “The New Oxford Book of Food Plants,” obat tradisional India menggunakan sagu yang dicampur dengan nasi untuk membantu mendinginkan tubuh. Karena itu, sagu bisa berfungsi sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit akibat suhu panas yang terlalu tinggi di dalam tubuh seperti demam.