Apa saja Manfaat Rosehip Oil?

rosehip oil

Rosehip oil banyak digunakan dalam rangkaian skincare orang-orang dan dikatakan memiliki manfaat yang baik. Apa kegunaan rosehip oil?

Rosehip adalah herbal yang telah digunakan oleh orang Mesir kuno, orang Maya dan penduduk asli Amerika karena sifat penyembuhan yang dimilikinya.

1. Sifat Anti-Penuaan

Rosehip oil memiliki manfaat anti-penuaan terutama ketika digunakan untuk wajah.

Memiliki tekstur super ringan dan tidak berminyak, manfaat anti-penuaan rosehip oil berasal dari kandungan antioksidan yang tinggi dan kemampuannya untuk menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam.

Vitamin C dan vitamin A, yang juga terkandung di dalamnya, merangsang produksi kolagen.

Karena memiliki molekul kecil, vitamin A mampu menembus lebih dalam ke lapisan kulit dan meningkatkan kelembaban kulit sehingga mengurangi keriput dan garis-garis halus.

Bagi mereka yang menghindari bahan kimia dan Botox, rosehip oil bisa menjadi alternati sempurna karena mengandung vitamin C dan lycopene yang mampu meremajakan kulit.

Itu sebab, rosehip oil bisa menjadi solusi yang lebih aman untuk memperbaiki permukaan kulit dan mengembalikan elastisitasnya.

2. Perlindungan dari Age Spots

Sinar UV dari matahari dapat merusak kulit, sehingga mengakibatkan bintik-bintik usia (age spots) dan perubahan warna pada wajah.

Antioksidan yang ditemukan dalam rosehip oil berfungsi melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan akibat matahari.

Vitamin A, yang dikombinasikan dengan asam lemak esensial pada minyak ini, membantu meningkatkan warna, tekstur dan pigmentasi kulit.

Sementara terlalu banyak paparan sinar matahari bisa menurunkan kolagen, vitamin C efektif membantu melawan kerusakan ini.

Minyak ini bersifat sangat melembabkan dan berfungsi pula menghilangkan kemerahan dan iritasi.

Sifat tersebut juga membuat rosehip oil menjadi alternatif ideal untuk pengobatan rosacea.

3. Meringankan Eksim dan Mengurangi Jaringan Parut akibat Jerawat

Asam lemak esensial yang ditemukan dalam rosehip oil membantu menyingkirkan bekas luka dan mengurangi efek akibat eksim dengan mempromosikan regenerasi kulit.

Asam lemak esensial bersifat emolien, yang meningkatkan fleksibilitas dan permeabilitas kulit serta membantu kulit memperbaiki diri.

Vitamin A juga memiliki peran penting karena kemampuannya dalam memperbaiki tekstur dan nada kulit.

Kandungan asam lemak dalam rosehip oil juga membantu mengurangi kulit kepala kering dan gatal yang sering disebabkan oleh bahan kimia dalam kebanyakan shampo komersial.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Karena merupakan salah satu sumber terbaik vitamin C, dan karena vitamin C membantu mengobati infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, rosehip oil menjadi pilihan tepat untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Selain sebagai antioksidan, vitamin C bertanggung jawab untuk produksi kolagen dalam tubuh, yang merupakan elemen penting dalam struktur tulang dan otot.

Juga, vitamin C membantu penyerapan zat besi yang menghasilkan sel-sel darah merah.

5. Membantu Mengurangi Osteoarthritis

Menurut University of Maryland, teh rosehip adalah pilihan ideal untuk membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Penderita osteoarthritis bisa mendapatkan keuntungan dengan mengkonsumsi secangkir teh rosehip secara teratur.

Arthritis Research UK melaporkan sebuah studi mengenai efek rosehip pada pasien yang memiliki osteoarthritis.

Mereka menemukan orang-orang yang diberi rosehip mengalami efek positif dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Sumber

https://www.atsirich.com/138/5-manfaat-kegunaan-rosehip-oil-minyak-anti-aging/

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit kusam karena tipe kulit yang kering, Anda harus mencoba produk rosehip seed oil dari merk The Ordinary. Diklaim mengandung 100% rosehip oil, produk ini diperkaya vitamin A, E, dan 3 essential fatty acids (Omega-3, Omega-6 dan Omega-9) sehingga mampu membantu melembapkan dan memudarkan noda hitam di wajah.

Selain itu, botol kemasan yang berwarna gelap bisa membantu melindungi produk dari sinar matahari. Tapi, bagi Anda yang memiliki alergi terhadap aroma tertentu, perlu memperhatikan bahwa rosehip seed oil ini merupakan jenis unrefined oil.