Apa saja manfaat retinol bagi wajah?

Kandungan yang satu ini pasti sudah lumayan sering Anda dengar atau baca. Retinol sering ditemukan pada produk perawatan kulit, dan biasanya ada di beberapa produk anti-aging. Namun tak sedikit adanya pernyataan simpang-siur yang membayangi retinol sehingga menimbulkan kesalahpahaman dan malah ada yang jelas-jelas menghindari kandungan ini sebelum mengenalnya terlebih dahulu.

  1. Retinol merupakan kandungan yang ampuh untuk mencegah penuaan
    Retinol bekerja untuk melawan tanda-tanda penuaan dengan menstimulasi kemampuan sel kulit untuk beregenerasi. Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan sel-sel kulit berkurang, dan retinol inilah yang dapat membantu kulit untuk tetap sehat dengan meningkatkan elemen pembentuk struktur kulit. Pori-pori pun bisa lebih bersih dan penampakannya terlihat lebih kecil berkat retinol. Dengan retinol, warna kulit juga lebih rata, teksturnya lembut dan halus.

  2. Memakai produk yang mengandung retinol dengan takaran lebih banyak, tidak ada hubungannya dengan khasiat yang cepat terlihat
    Setiap produk yang dibeli di counter kecantikan pasti memiliki cara pakai atau petunjuk penggunaannya masing-masing. Begitu juga dengan produk yang mengandung retinol. Kalau mengira semakin banyak produk dengan kandungan retinol yang dioleskan ke muka semakin cepat khasiatnya terasa, bisa jadi yang muncul malah reaksi negatif yang tidak diharapkan, bahkan ada potensi kulit jadi meradang atau iritasi. Apalagi untuk Anda yang belum pernah menggunakan retinol sebelumnya, sedikit lebih baik. Biarkan kulit beradaptasi terlebih dulu dengan kandungan ini, dan kembali lagi, ikuti saja cara pakai produknya ya.

  3. Ternyata retinol boleh digunakan bersama dengan AHA dan BHA
    Nah, ini cukup jadi bahan diskusi hangat bagi para skincare junkies. Boleh nggak sih retinol digunakan bersamaan dengan AHA atau BHA? AHA dan BHA kan acid, yang biasanya kita temukan dalam produk eksfoliasi kulit. Kalau sudah pakai AHA atau BHA, lalu kita timpa lagi dengan retinol, nggak bahaya tuh untuk kulit? AHA dan BHA bekerja di lapisan luar kulit untuk mengangkat tumpukan sel-sel kulit mati, sedangkan retinol bekerja di lapisan kulit yang lebih dalam. AHA, BHA, dan retinol bisa dibilang punya “area main” yang beda sehingga sebenarnya tidak ada larangan tidak boleh menggunakannya secara bersamaan. Yang perlu diwaspadai adalah jika kulit jadi mengelupas, merah-merah, atau jadi lebih sensitif dari biasanya. Bisa jadi karena kandungan AHA, BHA, dan retinolnya terlalu tinggi, atau cara pakai yang salah.

  4. Beberapa reaksi ini wajar terjadi saat menggunakan retinol
    Saat menggunakan retinol, terutama bagi yang baru pertama kali, wajar kalau kulit terasa lebih kering dari biasanya, sedikit mengelupas, dan sedikit merah. Kata sedikit tolong diperhatikan ya, ladies. Kalau sudah berlebihan baru perlu cek ulang. Kalau masih dalam kategori wajar, reaksi-reaksi tersebut memang merupakan bagian dari proses kerja retinol. Biasanya setelah 2 – 3 minggu pemakaian, kulit mulai beradaptasi dan toleransi akan retinolnya pun semakin meningkat.

  5. Butuh waktu 8 – 12 minggu untuk melihat hasil kerja retinol
    Haha, pasti banyak ya yang maunya dalam seminggu sudah melihat hasilnya? Malah kalau bisa, begitu dipakai di malam hari, paginya kulit langsung lebih oke. Saya juga begitu! Andai saja semua produk skincare bisa begitu ya. Tapi retinol butuh waktu kurang lebih selama 2 – 3 bulan untuk memberi hasil yang nyata. Jadi sangat disarankan untuk telaten memakai retinol setidaknya selama itu.

  6. Kulit yang sehat membutuhkan kandungan lain selain retinol
    Walau retinol punya banyak manfaat untuk kulit, tetap saja kulit membutuhkan bantuan dari kandungan lain agar kesehatannya terjaga dengan baik. Sama seperti tubuh, kalau hanya diberi 1 jenis makanan saja, pasti hasilnya jadi tidak imbang dan kurang sehat. Begitu juga dengan kulit wajah, kita perlu tahu kandungan apa saja yang dibutuhkan kulit.

  7. Pakai retinol, pakai juga SPF
    Saat menggunakan retinol atau kandungan vitamin A lainnya, penting untuk memakai SPF sebagai proteksi kulit dari sinar UVB. Kulit yang sedang beradaptasi dengan retinol mungkin sedang mengalami reaksi-reaksi (lihat nomor 5) baru yang butuh penyesuaian dan perlindungan ekstra. Jika terpapar sinar UVB dan sampai terbakar, kita sendiri yang repot nantinya. Jadi jangan lewatkan sunscreen setiap hari ya!

Sumber:
https://journal.sociolla.com/beauty/7-fakta-retinol-yang-perlu-diketahui/