Apa saja manfaat penggunaan QGIS?

Sumber Gambar

https://www.researchgate.net/figure/QGIS-with-mobile-tools-a-BeeGPS-and-b-BeePen_fig4_309423249

Apa saja manfaat penggunaan QGIS ?

Mirip dengan sistem perangkat lunak GIS lainnya, QGIS memungkinkan pengguna untuk membuat peta dengan banyak lapisan menggunakan berbagai proyeksi peta. Peta dapat dihimpun dalam format yang berbeda dan untuk kegunaan yang berbeda. QGIS memungkinkan peta yang akan terdiri dari lapisan raster atau vektor. Tipikal untuk jenis perangkat lunak, data vektor disimpan baik sebagai titik, garis, atau ciri-poligon. Berbagai jenis citra raster yang didukung, dan perangkat lunak ini dapat menampilkan citra georeferensi.

Kelebihan QGIS

a. Dapat Membuka Banyak Jenis Data Spasial

QGIS memiliki Bahasa pemprograman yang memungkinkan dia membuka banyak jenis data spasial dari sumber manapun. Hal ini tentu saja memudahkan kita ketika ingin membuka data-data yang kurang familiar dan tidak dapat dibuka di ArcGIS. Selain itu, menghemat waktu kita dalam melakukan konversi jenis data tersebut.

b. Tampilan QGIS Simpel dan User Friendly

Untuk para pengguna baru atau biasa dikatakan newbie, tampilan muka ( interface ) memang sangat penting. Kesan pertama agar kita bisa menyukai suatu software adalah salah satunya apakah dapat mudah digunakan dan jelas. QGIS memiliki pilihan ‘add data’ sesuai dengan jenis data yang ingin kita pilih, seperti vektor, raster, dll.

c. Lisensi dan OpenSource

Inilah yang menjadi kekuatan utama dari QGIS. Dengan sifatnya yang open source , QGIS dapat digunakan oleh siapa saja tanpa harus melanggar aturan atau dalam bahasa laininya membajak software tersebut. Untuk menggunakan QGIS kita cukup download dan install. Tidak diperlukan keterampilan untuk hack atau crack seperti yang (mungkin) kita lakukan saat menginstal software yang memiliki lisensi berbayar. Selain itu, kita dapat menggunakan seluruh alat dan plugin yang ada di QGIS secara gratis dan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

d. Remote Sensing Processing Tool yang lebih baik

QGIS memiliki QGIS semi-automatic classification plugin dimana dapat memungkinkan kita mendowlnload data LandSat dan mengkalsifikasinnya dengan cara semi otomatis. Selain itu, Orfeo Toolbox memungkinkan mengatur dan melakukan proses yang lebih luas terhadap data tersebut. LASTools sangat cocok dan sesuai digunakan untuk melakukan proses pengolahan data LiDAR dibandingkan LAS Dataset yang ada di ArcGIS.

e. GeoCoding dan Alat Data Konversi di QGIS Gratis

Proses GeoCoding adalah memberikan koordinat ataupun nilai X,Y terhadap nama jalan di peta kita. Di QGIS kita dapat menggunakan 2 plugin untuk melakukan GeoCoding yaitu MMQGIS Plugin dan Geo Code Plugin dan semua plugin itu gratis untuk digunakan. Hal ini berbeda dengan proses GeoCoding di ArcGIS dimana jika kita ingin melakukan GeoCoding kita harus membayar untuk dapat menggunakan ArcGIS online GeoCoding Service. Begitu juga jika kita ingin menggunakan alat konversi geometri di ArcGIS beberapa alat harus memiliki lisensi tersendiri.

Ringkasan

https://openstreetmap.id/qgis-vs-arcgis/