Apa Saja Manfaat Mengkonsumsi Buah-buahan dan Sayur Pada Anak Usia Dini?

anak
Apa Saja Manfaat Mengkonsumsi Buah-buahan dan Sayur Pada Anak Usia Dini ?

Manfaat Mengkonsumsi Buah-buahan dan Sayur Pada Anak Usia Dini


Sejak pemberian MP ASI pada bayi harus diperkenalkan makanan penting berupa sayur dan buah. Pengolahan pangan tersebut bisa dengan dimasak menjadi bubur tanpa tambahan gula, garam, atau margarin. Sebagaian besar bayi dikenalkan degan sayur dan buah pada usia 6-7 bulan, meskipun ada yang baru dikenalkan pada usia lebih dari 12 bulan. Sebagian besar ibu mengenalkan buah terlebih dahulu kepada anak daripada mengenalkan sayur.
Guillain et al, (2013) menyebutkan beberapa survei melaporkan konsumsi sayur dan buah pada remaja dan anak-anak kurang dari rekomendasi yang dianjurkan terutama pada sayur. Kebiasaan makan yang salah pada masa anak-anak dapat berlanjut dan menjadi bibit masalah kesehatan yang serius di usia dewasa.

Ratu, (2011) juga menyebutkan bahwa konsumsi makanan yang kurang sehat, tinggi kalori, tanpa disertai dengan makan sayur dan buah yang cukup sebagai sumber serat dan mineral dapat mengakibatkan kelebihan berat badan atau obesitas pada anak-anak. Ness, et al (2005) dan Moore, et al (2005) mengatakan bahwa anak ang makan lebih banya sayur dan buah memiliki risiko yang rendah terkena penyakit stroke dan hipertensi di usia dewasa.

Krolner et al (2011) menyebutkan faktor ang mempengaruhi konsumsi sayur dan buah yaitu sosial dan demografi (jenis kelamin, usia, dan budaya), ketersediaan/ akses di rumah, pengaru orang tua dan preferensi anak. Keluarga terutama orangtua sebagai lingkungan terdekat anak sebaiknya membangun kebiasaan konsumsi sayur dan buah anak sejak dini. Hal ini dimaksudkan agar anak-anak terbiasa menjalani diet yang sehat sepanjang hidup mereka.

Konsumsi buah dan syuran segar yang kaya akan vitamin, mineral, serat, dan air dapat melancarkan permbersian sendiri pada gigi, sehingga luas permukaan plak dapat dikurangi dan pada akhirnya karies gigi dapat dicegah. Buah-buahan segar seperti apel, bengkoang, pear, semangka serta sayuran seperti caisim dan wortel dll dapat merangsang fungsi pengunyahan dan meningkatkan sekresi air ludah. Armin, Marthaler, dan Bryan Wade menyatakan adanya efek positif konsumsi buah-buahan segar terhadap efek pembersihan gigi (Houwink,et al., 1993). Buah-buahan segar berperan sangat efektif untuk membantu kebersihan gigi apabila dikonsumsi sesudah makan.

Beberapa Manfaat Buah-Buahan Untuk Kesehatan :

  • Alpukat. Manfaat buah alpukat mampu menjaga kesehatan mata, karena buah alpukat memilki kandungan vitamin A sebanyak 180,00 SI, mencegah terjadinya radikal bebas. Manfaat buah alpukat juga dapat memelihara kesehatan jantung kita. Hal ini dikarenakan buah alpukat mengandung folat yang berperan sebagai pelindung jantung kita agar tetap sehat. Mengandung vitamin C, Vitamin E, asam folat serta antioksidan untuk mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh seperti misalnya kanker mulut. Menjaga kestabilan tekanan darah, mengurangi kolesterol jahat apabila dikonsumsi secara rutin.
  • Pepaya. Umumnya pepaya tumbuh subur di tempat yang mempunyai curah hujan tinggi ataupun tidak. Kandungan yang terdapat dalam buah pepaya ini adalah vitamin A, protein, karbohidrat, lemak, mineral, kalsium, fosfor, dan juga zat besi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Warna jingganya menunjukkan kandungan vitamin A yang tinggi, kaya serat sehingga dapat memperlancar buang air besar.
  • Melon. Buah melon juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan, diantaranya menjaga tubuh dari berbagai radikal bebas, penurun berat badan yang efektif, penangkal anemia yang ampuh, pencegah kanker, menguatkan sistem imun tubuh, membantu memperlancar fungsi ginjal, mendongkrak energi bagi tubuh dengan kandungan karbohidrat dan protein yang dimilikinya, dan berbagai manfaat lain yang berguna untuk mempertahankan kesehatan dan imunitas tubuh kita.
  • Semangka. Manfaat buah semangka sudah dibuktikan dalam beberapa penelitian ilmiah, selain itu buah manggis dikenal sebagai gudang nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan serta kecukupan gizi, seperti kandungan antioksidan, antibiotik, dan antivirus yang tinggi. Untuk kesehatan tubuh, buah semangka memiliki beberapa manfaat, diantaranya mengandung antioksidan yang tinggi yang berfungsi menangkal radikal bebas, kandungan kalori yang rendah, kandungan vitamin C yang cukup tinggi,mampu melancarkan peredaran darah, dan juga kandungan nutrisi yang sangat tinggi untuk mempercantik dan kesehatan kulit dan wajah.

Selain buah –buahan diatas, buah –buahan lainpun sangat bermanfaat bagi kesehatantubuh kita terlebih untuk anak –anak. Dengan mengenal beberapa manfaat buah –buahan tersebut, diharapkan kita semua dapat mengkonsumsinya setiap hari sebagai suatu kebutuhan yang sangat penting.